PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 … 36 35 34 [33] 32 31 30 … 1 » Show All

  1. 825
    fitri Says:

    dok gejala dari penyakit ini apa? dimana letaknya apakah mungkin diketiak, soalnya diketiak saya ada dok. terima kasih

  2. 824
    Ca'i Says:

    Dok,, saya mau tanya. Akhr2 ini sya mrskan agak nyeri di bgian perut atas kanan, pas bgt di tulang rusuk bwh kanan. Stlh ke praktek dokter ktny magh. Tp bbrp hri ini ada muncul benjolan di tengkuk, leher kiri, dan lipatan paha kanan yg dsrtai rasa pegel2. O ya, sya jg mgalami keputihan dr bbrp bln lalu…

  3. 823
    poppy Says:

    Dr, diketiak sy terdapat banyak benjolan kecil2 di bagian dlm kulit. Tidak terasa sakit jika ditekan, namun terkadang timbul rasa nyeri dg sendirinya seperti sentruman yg perih tak terhankan dari ketiak hingga payudara dan dada saya. Terkadang rasa perih itu diketiak kanan dan terkadang ketiak sebelah kiri. Apa yg menyebabkan rasa sakit ini?ataukah benjolan diketiak tersebut yg menyebabkan rasa sakit itu?sy khawatir apakah ini berbahaya?thanks

  4. 822
    Selvya sahara Says:

    Dok, menyambung pertanyaan sy tentang efek khemo, msalahx khemo terapi yg sy tlah jlnkn sdh trhitung 2 thn, apakh mungkin efek khemo itu msh ada sedangkn perasaan kurang enak bagian perut sangat terasa krn sy baru 2x haid dlm jngka waktu 2 thn itu,yang sy rasakn sekarang bagian bawah perut sebelah kiri seperti ada benjolan tp di ketiak leher dn sela paha tidak sy temukan benjolan atau tanda2 limfoma, yg ingin sy tanyakan :
    1. Apakh ada obat yg harus sy konsumsi supaya haid sy bs rutin setiap bulan
    2. Apakh perut bagian bawah sy yg mngeras krn sy tdk haid atau penyakit limfoma sy muncul lagi?

    Mohon penjelasanx dan trima kasih sebelumx dok….

  5. 821
    ade Says:

    salam kenal doc.
    doc, pada jari kelingking sama telunjuk saya ada benjolan. bisa beri pengertiannya. serta bagaimana terapi?

  6. 820
    yanti Says:

    malam bu dokter…

    saya ibu dari 2 orang anak….

    anak saya yang pertama berumur 5 tahun,,anak yang kedua 3 tahun…

    saya mengalami pembengkakan di leher sebelah kiri sejak kemamilan anak pertama saya,,awalnya cuma sebesar beras,,tapi sampai sekarang sudah sebesar telur ayam..

    bengkaknya tidak sakit bila dipegang,,tapi saya merasa daya tahan tubuh saya sangat menurun….saya menjadi sering demam..pilek ,, batuk dan sakit kepala….

    sudah 3 bulan pilek saya tidak kunjung sembuh..dan cairannya berwarna hijau…

    apakah ini ada hubungannya dengan pembengkakan dileher saya….atau ini merupakan gejala penyakit lain….

    maaf sebelumnya bu…apakah benjol dilher ini merupakan limphoma…???

    apakah cairan kental di hidung saya merupakan sinusitis..???

    karena muka saya tepatnya dibawah tulang pipi sangat nyeri..

    terimakasih atas jawabannya..

  7. 819
    nunu Says:

    Dokter yang baik, apakah infeksi di lambung dan produksi asam lambung berlebih dapat membuat kelenjar getah bening di leher jg membesar dok? Terima kasih.

  8. 818
    citra Says:

    dok,

    saya mau tanya. di sebelah kanan pipi anak saya tepatnya di samping rahang bawah kiri (bukan di bawah rahang tapi di rahang bawahnya) ada benjolan. itu sdh ada dari lama. ga membesar dan ga juga kecil.

    benjolannya berpindah kalo dipegang. anak tetap aktif dan tidak ada gangguan makan sama sekali.

    giginya emang rusak parah. pertanyaan ; itu kanker bukan yah? saya takut dia kena leukimia. trims

  9. 817
    joki Says:

    saya mengalami infeksi kelenjar getah bening sudah 3 bulan dan dokter memvonisnya infeksi kelenjar getah bening. cek darah dianggapnya normal dan USGnya benjolan kelenjar getah bening tapi limfositnya rendah/abnormal.
    obat atau terapi apa yang baik untuk menyembuhkan infeksi kelenjar getah bening dan nutrisi apa yang bisa menyetabilkan kadar darah limfositnya? pantangan makannya apa saja? joki

  10. 816
    sulistiyani Says:

    dok, saya mau tanya..
    ibu saya 1,5 tahun yang lalu di vonis kanker serviks dan telah dilakukan pengangktan rahim, sinar dan kemoradiasi..
    tapi sekarang ini timbul benjolan di lipatan paha atas, setalh dilakukan pemeriksaan ternyata benjolan tersebut mengandung sel-sel kanker dan alhasil di lakukan pengangkatan kelenjar getah bening di RSCM..
    yang ingin saya tanyakan apakah itu termnasuk Limfoma dok???
    jika sudah terkena kanker getah bening apakah bisa sembuh?dan apakah ada stadium-stadium nya dok?? terima kasih..

  11. 815
    denkgol Says:

    kemungkinan dari makanan apa yg menyebabkan KGB..?

    tolong lebih jelas lagi penyebab2 terjadinya KGB?

  12. 814
    Bunny Says:

    Dok, saya punya 2 pertanyaan :

    [1] Kelenjar Limfe yg bengkak, jika sudah melewati diameter 1.5 cm apakah masih dapat kembali normal jika sumber penyakitnya sudah diatasi ? Ukuran brp saja yg biasanya susah kembali normal ? Berapa lama waktu dibutuhkan untuk bisa kembali normal ?

    [2] Penyebab kanker limfoma apakah hanya perubahan struktur kromosom akibat virus atau bahan karsinogen ? apakah kanker limfoma bisa disebabkan hal lain ?

    Terima kasih Dok !

  13. 813
    bakar Says:

    penyakit KGB ini menular atau tidak kalau menular bagaimana cara penularannya ?

  14. 812
    Dr. Sukma Says:

    hai ferdi,

    Sebaiknya JANGAN ngobatin sendiri. Berbahaya menyangkut fungsi organ hati anak anda. Sebaiknya terapi atas pengawasan dokter spesialis anak.

  15. 811
    Dr. Sukma Says:

    Hai gustin,

    1.Limfangioma BUKAN limfoma. Limfangioma jinak, pelebaran pembuluh limfe menjadi semacam kista. Obatnya HANYA dengan operasi, tidak ada jalan lain. Jangan diurut-urut, bila pecah akan sangat merepotkan dan berbahaya.
    2. Begitu ada waktu SEGERA diangkat/operasi agar masalah selesai.
    3. Tidak ada indikasi kanker ganas. Hanya tumor jinak PEMBULUH limfe.

  16. 810
    Dr. Sukma Says:

    hai selvya Sahara,

    1. Iya
    2. Iya dan tidak
    3. Tidak perlu. Nanti haid akan datang pada waktunya. Setelah efek khemo hilang dari tubuh anda.

  17. 809
    Dr. Sukma Says:

    hai Evi,

    Benjolan itu Kista Bartholin, isinya nanah/pus. Kunjungi dokter SpOG, agar dibereskan. Biasanya perlu operasi mengangkat kista.

  18. 808
    Evi Says:

    Ass.dok.. Saya seorg gadis berusia 21 tahun.sya merasa aneh dan ad benjola d daerah vagina saya,sya tkut dok,ap lg bnjolan it trs skit.mohon coment dokter,pnykit ap sbnrny.thax

  19. 807
    Selvya sahara Says:

    Dok, sy brusia 35 thn, divonis kelenjar getah bening 5 thn lalu dn tlah mnjalnkn kemotrapi tuntas akhir 2009 kmarin, stelah sy mnjalnkn kemo haid sy nda lancar bhkan smpe skarang sy bru dp 3x haid, yg ingin sy taxkan:
    1.apakh kemo terapi mmpengaruhi siklus haid
    2. Akhir2 ini sy sring mrasakan nyeri pd perut bagian bawah, apakh itu pengaruh dr tdk haidnya sy?
    3. Apakh ada obat yg bs sy konsumsi agar haid sy bs tratur stiap blanx

  20. 806
    Gustin Says:

    Dok,saya sudah didiagnosa dokter mengidap tumor pada limfangioma..Saya tidak begitu mengerti akan tumor pada limfangioma itu bagaimana..ada yang ngomong tumor pada limfangioma itu sama dengan tumor kelenjar getah bening…Yang saya tau, saya punya tumor..Benjolannya terdapat di leher, dan lembek. Terkadang badan saya sering panas secara tiba-tiba. kalau sudah kecapean saya merasa capek yang berlebihan, badan saya terasa lemah sekali..Dokter sudah menyarankan saya untuk operasi, tetapi karena saya sedang sibuk menyelesaikan kuliah saya, saya menunda rencana untuk operasi. Dan saat ini saya menjalani pengobatan herbal.
    1. Tumor pada limfangioma itu bagaimana dok?Apa bisa disebut tumor kelenjar getah bening?
    2. Setiap tumor pasti punya tingkat dangernya. Apakah tumor saya punya tingkat bahaya tinggi dok?
    3. Apakah saya bisa terindikasi kanker seperti penjelasan diatas dok?

  21. 805
    Ferdi Says:

    salam dokter
    dokter obat untuk TB kelenjar yang bagus apa? mohon petunjuknya dokter, soalnya anak saya ada benjolan dilehernya.trims

  22. 804
    achmad Says:

    saya punya teman yg katanya terkena pb kelenjar keluha dari teman saya sementara ini katanya beret badanya turun drastis sekitar 10kg selama 9 bl terahir ini dan nafsu makan turun.konsultasi dr dokter katanya terkena pb kelenjar.bagai mana cara mengobatinya

  23. 803
    arini Says:

    dok sy perempuan umur 21 thn sdh menikah dan mempunyai 2 ank,sy mw taxa ada benjolan di ketiak seblh kanan sy,sy blm prnh berkonsultasi sm dokter krn takut,benjolan ini ada wktu sy hamil ank pertm.. Setiap sy hamil atau hbs melahirkan benjolanx bengkak dan pns seperti payudara yg berisi asi,tpi klw ank sy sdh berhenti asi benjolan di ketiak sy mengecil dan seperti daging.. Apkh benjolan ini hdp dan apkh ini gelenjar getah bening atau pexakit yg lain?dan apakah ini bebahaya?terima kasih..

  24. 802
    Dr. Sukma Says:

    halo Amin Mahfudi,

    Pendapat saya anda TIDAK menderita limfoma. Sangat disayangkan, bahwa operasi mengakat benjolan di pergelangan tangan yang lalu tidak ada pemeriksaan histopatologisnya.
    Pengalaman saya benjolan itu hanyalah ganglion atau kista kecil yang jamak ada ditempat itu, tidak berbahaya dan bersifat jinak.

    Benjolan dileher anda saat ini, sebaiknya diperiksa FNAB atau biopsi jarum halus bila diameter benjolan sudah satu centimeter atau lebih, agar bisa ditangani dengan tepat… Kemungkinan radang saja, bisa radang non-spesifik atau spesifik (TBC). Setiap benjolan dileher sudah pasti akan menimbulkan kaku leher, dst. So, jangan berpikir terlalu jauh ke limfoma. Pendapat saya BUKAN LIMFOMA.

  25. 801
    amin mahfudi Says:

    dok,umur saya sekarang 31 tahun. 10 tahun silam ada benjolan di pergelangan tangan kanan saya, setelah saya konsultasikan ke pakarnya, saya di sarankan supaya diangkat saja. karena saya takut dan panik saat itu, maka tidak menunda waktu lagi,ahirnya operasi pun dilaksanakan dan alhasil berjalan sempurna sesuai harapan. akan tetapi selang 2 bulan kemudian benjolan baru tumbuh di sebelah kanan bekas operasi tersebut, dan kali ini lebih cepat dan lumayan besar dari pada yang pertama.satelah saya konsulkan, ternyata harus operasi lagi, tapi tidak ada jaminan kalau suatu saat bisa tumbuh di lain lokasi lagi. karena takut dengan jawaban tersebut, ahirnya saya putuskan dengan obat herbal, ganti terapi makanan dan merubah pola hidup. ahirnya 9tahun limfoma pun sirna, dan kini datang lagi di belakang telinga. hanya saya, tidak ada keluhan yang di sebutkan oleh tim medis, semua tanda tanda tak satupun sesuai.akan tetapi saya kawatir adanya lemfoma mengingat 10 tahun lalu pernah hinggap ditangan saya.yang ingin saya tanyakan,
    1.apakah mungkin benjolan yang sebesar jagung di belakang telingaku itu limfoma?,tapi kok tidak ada tanda dan gejala yang sesuai.
    2. apakah mungkin limfoma langsung menyerang tanpa ada tanda tanda yang terdeteksi.
    3.keluhan sementara leher saya terasa kaku, apakah ini termasuk aksi dari limfoma?

    makasih dok sebelumnya

Pages: « 43 … 36 35 34 [33] 32 31 30 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe