PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 … 37 36 35 [34] 33 32 31 … 1 » Show All

  1. 850
    bambang jkt Says:

    Ibu dokter.yth.

    saya bambang ingin tanya;

    istri sy selesai op mammae dx bulan mei 2010 telah kemoterapi 6 kali. dan selesai kemo minum obat dokter sdh bulan ke 6.tampak sehat tak ada keluhan , amien

    skrng selesai evaluasi tgl 19 april 2011 ,hasilnya ;
    1. darah lengkap :
    . CEA hsl 1.37 dan
    . Ca 15-3 hsl 19.54.

    2. Kebidanan :
    Ginekologi: tak tampak kelainan organik genetelia
    interna.
    saran , papsmaer/thn.

    3. Usg Thorak dan bonsurvey :

    Asimetri jaringan lunak extrathoracal sesuai post op mammae dx, cor, pulmo.pleura,sinus diafragma dan thoracic cage terlihat normal ,tak tampak lesi metastasis
    tidak tampak lesi litik/blastik destruktif metastatic pd tulang2 skull serta humerus, thoracal, lumbosacral dan pelvis.
    Ketebalan corpus vetebra da diskus intervtertebralis tampak normal dengan pedikel intak. jaringan lunak trlihat normal.

    4. Usg mammae dan abdomen:

    abdomen , tak tampak tanda2 metastatis pd usg saat ini

    mammae : Kutis dan sub kutis mammae kiri baik .tak
    tampak lesi lokal hiper/hipo/arexsililial psda parenlin mammae kiri.

    Tampak pembesaran kgb axilla kanan dengan linea (+)
    Tak Tampak nodul subkutis di regi scap op dx.

    Kesan : sugestf limfadenopati axilla dextra.

    Mamografi Kiri :

    Tak tampak penebalan kutis dan sub kutis retraksi papilla (-)
    Tak tampak lesi patologis tidak tampak kalsifikasi
    Tak tampak pembesaran Kgb aksila.

    Kesan : tak tampak kelainan pada mammografi iri saat ini

    5. Jantung ;

    Tidak ada kelainan fungsi dan anatomi.
    Cor komperhensif
    Tolelansi op / kemoterapi low ristb
    EChocardiografi ; LV normal EP 70 % dimensi,katup
    baik. global normal kinetik

    Pertanyaan saya ;
    1. apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh.
    2. apa yang tidak boleh dimakan.
    3. tindakan apa untuk sugestif limfadenopati axilla dextra. ?

    terima kasih.

  2. 849
    chenchen Says:

    dok… ada praktek di jakarta ga?

  3. 848
    bob Says:

    selamat pagi dok, nama saya bobby.. saya punya jendolan di bagian leher sebelah kanan… tidak besar cuman kadang suka nyut – nyut… awalnya saya kira panas dalam… tp kok ngk ilang2 sudah sebulan… tapi tidak ada demam
    mohon bantuan nya dok ? tks

  4. 847
    cendana Says:

    dok,anak saya 6 th,sebulan yang lalu opname karena pucat,setelah dicek darah ternyata hasl lab: hb:3,3 leukosit:11100 hematokrit:8,9 trombosit:32000 eritrosit:1,06 segmen:28 limfosit:61 monosit:11 dan hapusan darah tepi retikulosit:0,3 eritrosit:normokrom poikilositosis,tear drop cell(+),polikromasia(+),normoblast(+) leukosit:kesan jumlah normal,limfosit atipik(++),tak tampak adanya sel muda trombosit:kesan jumlah menurun,morfologi normal kesan ;mencurigakan hematopoiesis ekstramedular disertai trombositopenia,dengan hasil lab tersebut apa benar anak saya menderita anemia aplastik? terimakasih atas jawabannya

  5. 846
    M. Iqbal Says:

    Salam Hormat Dr. Sukma…

    Istri saya (umur 21 thn) 4 mggu lalu muncul benjolan tiba2 di leher sebelah kiri, 2 mggu pertama cuma 4 bh, mggu ke-3 jd 5 bh, dan skrg mggu ke-4 muncul 1 lg di blkg telinga.

    Waktu mggu ke-3, pertama-tama kami memilih RS Pemerintah dgn pertimbangan keuangan, lalu oleh kasir RS kami disarankan ke Dokter Syaraf (krn kami tidak tahu hrs kemana dulu), kmdn oleh Dokter Syaraf kami disarankan pemeriksaan Radiologi “KEPALA AP/LAT”, sambil menunggu hasil Radiologi kami diberikan Ultracet (krn istri sy mengeluh suka pusing jg), 3 hr kmdn stlh dpt hasil Radiologi hasilnya tdk kelihatan apa2, tp Dokter Syaraf mengatakan ada kemungkinan gejala TB Kelenjar. Oleh Dokter Syaraf hari itu jg kami dirujuk ke Dokter Bedah. Oleh Dokter Bedah kami dianjurkan pemeriksaan “HEMA LENGKAP” dan “THORAX PA”, besoknya stlh mendptkan hasil Lab “HEMA LENGKAP” dan Radiologi “THORAX PA” Dokter Bedah malah menyarankan kami ke Dokter Paru dgn alasan Dokter Paru lebih tahu krn ada gejala TB Kelenjar, stlh membaca dan melihat hasil Lab “HEMA LENGKAP” dan Radiologi “THORAX PA” Dokter Paru menyimpulkan ada kemungkinan gejala “TB Kelenjar” kmdn disarankan melakukan pemeriksaan dgn “Mantoux Test” (sehari yg lalu – Selasa) dan Jumat bsk baru akan di cek lg dan bila tdk kelihatan gejala TB Kelenjar mk akan dilakukan Biopsi.

    Pertanyaan:

    1. Mengapa wkt pertama kali periksa ke Dokter Syaraf kami tdk lgsg dirujuk ke Dokter Paru untuk pemeriksaan, pdhl wkt pemeriksaan pertama kali oleh Dokter Syaraf beliau sdh memberitahukan bhw ada kemungkinan gejala TB Kelenjar ??? apakah begini memang sistem pelayanan dalam bidang kedokteran yg menurut kami sangat tidak mendidik dan sangat tidak profesional krn:

    A. Buat apa saya disarankan pemeriksaan “KEPALA AP/LAT” oleh DOkter Syaraf klo tidak bisa memperlihatkan hasil apa2 ???

    B. Oleh Dokter Syaraf kami dirujuk ke Dokter Bedah, lalu oleh beliau kami disarankan untuk pemeriksaan “HEMA LENGKAP” dan “THORAX PA”, stlh mendptkan hasil pemeriksaan beliau mengatakan tidak berani menyimpulkan jd saya hrs ke Dokter Paru biar lebih jelas lg kata Dokter Bedah tsb, jadi buat apa kami dirujuk ke Dokter Bedah dan buat apa beliau menyarankan pemeriksaan klo tidak bisa membaca hasil Lab tsb ???

    C. Oleh Dokter Paru kami disarankan pemeriksaan Mantoux Test terlebih dahulu dgn alasan klo Biopsi kadang hasilnya tidak spesifik, jd urutannya hrs Mantoux Test stlh itu bila belum kelihatan gejala bru akan dilakukan Biopsi ??? (akan tetapi kami browsing di internet dan kebanyakan dokter lebih menyarankan Biopsi krn hasilnya lebih baik dari Mantoux Test).

    BTW Dr. Sukma kami sdh menghabiskan dana 400 rb hanya untuk mendapatkan dari dokter kata “Mungkin” yg mana ujung2nya kami hrs menjalankan Biopsi jg (“jd sy hrs menyiapkan dana 400 rb lg untuk Biopsi”, pdhl klo memang sdh bs terbaca gejala TB kelenjar dr awal knp tdk lgsg Biopsi saja krn smua hasil pemeriksaan kmrn oleh dokter RS cuma mengatakan “MUNGKIN ADA GEJALA TB KELENJAR”), sy mengeluhkan hal ini krn kami berobat tdk memakai asuransi jd semua dana pribadi, sy sempat mengeluhkan hal ini ke Dokter Paru (bahkan sempat berdebat mengenai prosedur kedua Dokter sebelumnya dan Dokter Paru pun mempertanyakan prosedur dan sikap kedua Dokter sebelumnya, kemudian kami pun mempertanyakan sikap beliau yg menyarankan Mantoux test tanpa menjelaskan tujuan, tp beliau mengatakan pasien bnyk jd hrs buru2, beliau jg mengatakan tdk menjelaskan krn kami tidak bertanya, tp bukankah ada kode etik “INFORM CONSIST” ??? beliau mengatakan klo bicara uang memang begitu prosedurnya dan kmrn pun oleh Dokter Paru sambil menunggu hasil Mantoux Test selama 3 hari kami diberi resep obat namun kami tidak menebusnya krn harganya sangat mahal (konsumsi 3 hari – harga hampir 200 ribuan).

    2. klo memang nantinya akan dilanjutkan ke Biopsi/FNAB, dan memang terdiagnosis TB Kelenjar, apakah RS Pemerintah jg menyediakan OAT gratis seperti yg Dr. Sukma katakan (krn dari baca Reply Dr. Sukma mengatakan program itu untuk org miskin dan Puskesmas, tp kami dpt info dr kakak saya yg bekerja sebagai Perawat Puskesmas bhw program tsb umum untuk penderita OAT dari smua kalangan, tp apakah RS jg menyediakannya ???) ???

    Hasil Lab dan Radiologi:

    a. Radiologi “Kepala AP/LAT”, tidak ada kertas hasil radiologinya hanya foto Rontgen ???

    b. Radiologi “THORAX PA”:
    – Cor dalam batas normal
    – Aorta baik, mediastinum superior tak melebar
    – Pulmo : Corakan bronchovascular ramai, kalsifikasi (+
    – Sinus, diafragma baik

    Kesan : bronchitis post TB ? (kok ada tanda tanya Dr. Sukma)

    c. Laboratorium “HEMA LENGKAP”:

    Jenis Pemeriksaan Hasil satuan

    HEMATOLOGI
    - LED 10 mm/jam
    - HEMOGLOBIN 12,9 g/dl
    - HEMATOKRIT 35 %
    - ERITROSIT 4,4 jt/ul
    - LEUKOSIT 3690 ul
    - THROMBOSIT 157000 ul
    - MCV 79 fl
    - MCH 29 pg
    - MCHC 36 g/dl

    HITUNG JENIS
    - Basofil 0 %
    - Eosinofil 1 %
    - Batang 0 %
    - Segmen 47 %
    - Limfosit 49 %
    - Monosit 3 %

  6. 845
    alya Says:

    dok mau tanya, limfodenapati colli itu apa ya dok? Makasih

  7. 844
    mami Says:

    bagaimana kalau ada bayi yg lehernya ada bencolan kecil?apakah itu termasuk getah bening?bagaimana cara penanganannya/trims

  8. 843
    fadli Says:

    saya mau nanya…apakah penyakit limfoma ini menular..tks sebelumnya…

  9. 842
    sarah Says:

    2 tahun lalu saya kehilangan adik tercinta karena penyakit ini… menyesal sekali, karna pengetahuan saya tentang penyakit ini nol.. dua bulan setelah dya dirawat di rumah sakit, dia pergi menghadap illahi..

  10. 841
    Elis Says:

    Dokter Sukma, ini penting sekali. 2 tahun lalu saya pernah mengalami Tb kelenjar, leher saya bengkak kemudian dioperasi dan dibuang nanahnya, dan sudah diberi obat tablet selama 9 bulan dan sudah dinyatakan sembuh.
    Pertanyaan saya adalah, mengapa saat ini daerah leher tempat operasi dulu itu sudah mulai membengkak lagi ? Apa ini dkarenakan kambuh lagi ? Terima kasih banyak atas balasan jawabannya Dok.

  11. 840
    nana Says:

    dok, sy (20th) mau nanya dok, baru” ini saya punya masalah dengan kdua pyudara saya dengan simtomp: keduanya nyeri terkadang sampai dinding dada ( kanan lebih nyeri, dimulai 23 Maret sd skarang mens terakhir tgl 6 Feb), bukan akibat trauma,trkadang brasa hangat, tidak ditemukan adanya pus, kulit sekitar payudara normal, tidak ada perbedaan ukuran, di lipatan ketiak sebelah kanan terdapat lemak padahal di sebelah kiri tidak, terdapat rasa tidak menyenangkan pada ketiak sebelah kanan
    periksa dr tidak dtmukan adanya benjolan
    dikasih rsep ab (cipro: 1dd) dan antiinflamasi (Na diclo: 2dd prn)
    alhamdulilah nyeri berkurang tp sebelah kanan masih agak nyeri

    pertanyaan:
    1. Pnyakit sy ap dok?
    2. bgaimana mengecek pembengkakan kelenjar limfa ketiak dok? apakah rasa tdak mnyenangkan di ketiak sy diakibatkan pmbengkakan klenjar limfe atau lemak?
    3. Apakah sy perlu melakukan biopsi dan mamograf dok?

    Terimakasih ^^

  12. 839
    amin mahfudi Says:

    aduh makasih banyak dok.jawaban dokter sudah sangat membuat saya menjadi tenang.semoga Alloh swt membalas kebaikan dokter.jangan bosen bosen bantu saudara saudara kita yang sedang membutuhkan info dok,karena jawaban dokter sangat dibutuhkan oleh kita kita semua.buat teman teman semua,kalau ada info menarik,sekiranya tidak memberatkan tolong aku kasih tau ya?,di senyum_sehat_indonesia@ymail.com

    moga moga bisa bermanfaat buat saya dan orang orang di sekeliling saya.

  13. 838
    nitadiva Says:

    dok, ayah saya udah menderita lipoma 3th lebih dlu benjolannya yg d paha pecah sampai berlubang gt tp syukurlah skr udah kembali normal. nah skr benjolan yg d lehernya itu gk hilang2, stlah kempis kambuh lg membesar padhal ayah saya sudah rutin khemo sampai 15x dan pernah d operasi 2x bahkan krn khemo uda gk mempan benjolan itu d radiasi sampai 35x tp msh aja blm hilang, malahan mulut ayah jd miring sprt org stroke dan matanya sering kluar air matanya, bgmana solusi terbaiknya? apa yg sbaiknya d lakukan? pengobatan apa lg yg terbaik bwt ayah saya? mohon segara d jwab
    terima kasih..

  14. 837
    Yustina Says:

    Dok, saudara saya usia 52 th, diketahui ada tumor dikepala. Terus sudah operasi dan diperiksa hasilnya tumor ganas. Dan ternyata kanker kelenjar getah bening yang sdh menyebar di otak. Sdh stadium 3. Apakah dgn kemotherapy ada harapan sembuh?
    Terima kasih sebelumya dok.

  15. 836
    rudi rival Says:

    dok, saya mau tanya, saya punya penyakit ada jendolan diseluruh tubuh saya, diseluruh perut saya banyak, dan ada juga ditangan tetapi sedikit,,,,

    itu apa ya dok penyakitnya,,,,

    tolong penjelasannya dok

    trims,,,,,

  16. 835
    sari Says:

    Dear Dr.Sukma,

    Malem dok, saya ini 7 bulan lalu pernah terkena KGB. Udah saya obatin dengan minum antibiotik yg dari dokter poli paru, sesuai dg program pemerintah selama 6 bulan. dan setelah itu, dokter memberitahu saya bahwa, saya sudah sembuh, dan sudah tidak minum obat lagi.
    tetapi luka akibat benjolan KGB yg pecah kok masih belum sembuh ato mengering. Ya tinggal dikit lah dok, saya kasi nebacitin lalu kasa steril dan saya tutup dg hypafix utk tiap harinya. Yang mau saya tanyakan disini, apakah saya boleh hamil ya dok? saya kan udah ga minum obat KGB lagi, tp, luka KGB di leher bawah kiri masih ada.
    lalu, disaat saya tengah hamil, tiba2 KGB saya tumbuh lagi, apa yang harusa saya lakukan? soalnya ini akan menjadi kehamilan saya yang sangat saya tunggu2.
    dan apakah nantinya, anak saya juga bakal kena KGB seperti saya?
    Dan apakah benar bila terkena KGB, si pasien harus menunda kehamilannya?

    Tolong penjelasannya yang sejelas – jelasnya, dok?

    TERIMA KASIH
    Regards,
    sari

  17. 834
    zulfri aziz Says:

    dr. sukma
    pasca operasi getah bening di leher anak saya. ada batuknya. apa masih berkaitan degan kelenjer tb ya itu dok thank

  18. 833
    dian asih Says:

    Hai Dok, saya berusia 23 Tahun, 3 minggu yang lalu saya terkena cacar, lalu saya merasakan ada benjolan kecil di leher sebelah kanan saya. karena khawatir, saya periksakan k dokter. lalu saya diminta melakukan pemeriksaan PA /FNAB). Hasilnya tertulis “Mamma Aberant[?]“. Apakah perlu dilakukan pengangkatan terhadap benjolan tersebut? dan apakah sebenarnya “mamma aberant” itu? apakah berbahaya?

  19. 832
    Rudi Chandra Says:

    trims infonya dok,
    tp saya penasaran, krn kami mempunyai bayi umur 11 bulan, pertama2 terdapat benjolan di belakang kepala sebesar kacang ada bbrp buah, kami tanya ke DSAnya dibilang tidak apa2, sehingga kami tenang, namun belakangan kembali muncul pembengkakan di pangkal paha bayi kami, sementara bengkan di belakang kepala belum juga hilang, mohon infonya dok agar kami bisa berbuat yang terbaik untuk bayi kami…

  20. 831
    Mr.Amal Says:

    anak saya usia 2 bln,ada benjolan dileher dibawah pipi kanan belakng,hasil tes darah Leukosit 24.400 dan trombosit 634.000,dokter ini penyakit apa?sudah diobati selama satu minggu belum ada perkembangan?mohon saranya dok?email saya erte_011@yahoo.co.id

  21. 830
    Mellisa P Says:

    dok, saya perempuan berumur 28 tahun. Setiap kali haid, timbul benjolan keras dan sakit di selangkangan ( garis paha depan ) sebelah kanan. tapi kalau menstruasinya selesai, benjolan itu kempes dengan sendirinya dan akan muncul lagi pada saat setiap kali saya haid. Benjolan itu apa dok? apakah kelenjar getah bening? ada hubungannya dengan haid? berbahaya atau tidak?
    Terima kasih.

  22. 829
    belinda Says:

    dok,
    saya beberapa minggu yang lalu hampir 1 bulan ini. creambath dipijat oleh pegawai salon di bagian leher terasa ada benjolan saat pegawai itu memijit bagian belakang leher saya.
    beberapa minggu ini saya banyak mengurusi kepanitiaan dan tugas yang menumpuk shingga sering strees dan kurang tidur.. hilang nafsu makan, badan lemas dan pusing seperti terkena kolik (berputar2), pucat, dan berat badan turun, benjolan yang semula hanya otot yang salah ternyta belum hilang malah tambah membesar namun benjolan ada di dalam kulit sehingga hanya dapat dilihat dengan diraba..saya punya gen tumor dari ayah.. namun sepertinya bukan tumor krn bntuknya berbeda.. sakit apa saya ya dok?? terimakasih..

  23. 828
    iin Says:

    do saya mau nanya ada benjolan di ketiak kanan saya kira2 itu berbahaya gk dok…..
    terima kasih di balas ya dok…..

  24. 827
    vincent Says:

    Dok yang baik hati,sy mempunyai putra umur 6 thn yg mengalami benjolan yg timbul dlm bbrp hr ini terltk di leher sblh kiri dan kanan,ditelinga kiri dan kanan serta tengkuk agak keatas kiri dan kanan,dibwh ketiak sblh kanan jmlh total benjolan ada sktr 8 biji kira2 sebesar bj kacang hijau,sy ada periksa kedokter umum dan beliau menyarankan rongent hasilnya Thorax foto sbb:1.Cor;tidak membesar.2;Pulmo;tdk nmpk kelainan,tdk tmpk TB paru.Kes:Thorax foto dlm bts normal.sy yg awam ini mhn dgn bu dokter memberi sy penjelasan dan langkah apa yg hrs sy lakukan dgn segera yg dlm hal sy prnh mengalami trauma terhdp biopsi,ank sy kelhtan sht2 aja tnpa kluhan apa2,benjolan klo ditkn tdk mengalami skt hny saja sblm timbul benjolan ada timbul biang keringat keslluh bdn dn luka garuk dikepala,apakah dgn ct,scan bs akurat tuk mendiagnosa penyakit ini dan apakah penyakit yg diderita ank sy,skli lgi mengucapkan trima ksh atas penjelasan dokter,sudi kiranya ibu bs membalas ke email sy jg blh.

  25. 826
    diana febilia Says:

    Salam kenal
    Dok, saya wanita berumur 23 tahun, saya mempunyai benjolan di bagian kanan leher saya. Benjolan tersebut makin lama makin membesar walaupun saya merasa tidak sakit dan tidak ada keluhan apa pun mengenai benjolan tersebut, kalau dipegang pun terasa tidak sakit dan jika dipegang benjolan itu kenyal.Sebelumnya saya belum pernah mengkonsultasikannya ke dokter, soalnya saya merasa badan saya baik-baik saja.
    Yang ingin saya tanyakan, apakeh itu merupakan penyakin kelenjar getah bening?

Pages: « 43 … 37 36 35 [34] 33 32 31 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe