PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 … 39 38 37 [36] 35 34 33 … 1 » Show All

  1. 900
    Dr. Sukma Says:

    Halo Firman Irawan,

    Turut berduka atas musibah tsb. Ada 2 kemungkinan penyakit yg merenggut nyawa teman anda itu yg sy duga berusia antara 30-40 th. Pertama limfoma atau kedua leukemia. Baru dapat dipastikan dari hasil pemeriksaan darah lengkap, plus hasil pemeriksaan BMP yaitu biopsi sumsum tulang. Keduanya mempunyai keluhan dan gejala yang serupa: badan hangat, lesu, BB turun dan tampak agak pucat tidak bergairah. 4emoga kasus ini menjadi pembelajaran kita semua bahwa JANGAN MENYEPELEKAN benjolan yang ada dimanapun lokasinya. Tuntaskan pemeriksaan sampai jelas dengan biopsi jarum halus atau FNAB.

  2. 899
    FIRMAN IRAWAN Says:

    SAYA BARU KEHILANGAN SEORANG TEMAN. LEBIH KURANG 6 BULAN YNG LALU DIA MENDERITA BENJOLAN DIBAWAH RAHANG TAPI TIDAK DIPRIKSA SECARA INTENSIF, HANYA DIOBATI SECARA BIASA LEWAT DOKTER UMUM. BENJOLANNYA HILANG TAPI BOBOT TUBUH TURUN DAN DIA SELALU BERKERINGAT. 2 MINGGU YANG LALU DIA MASUK ICU DAN DIDAPATI ADA BENJOLAN DI SEKITAR PELIPIS ( TERDAPAT 3 BUAH ) DAN DIA KOMA SELAMA 5 HARI SEBELUM AKHIRNYA MENINGGAL DUNIA. APAKAH YANG DIDERITA OLEH REKAN SAYA ITU PENYAKIT KGB ?

  3. 898
    Fanya Says:

    Salam Hangat Dr.Sukma, Perkenalkan nama saya Fanya, saya mau bertanya dengan dokter, Hari senin kemarin saya konsultasi dan USG atas benjolan yang ada di payudara saya, dan hasilnya itu tumor jinak seperti ini:
    - Sebelah kiri, Multiple Massa Padat–>DD/FAM
    - Sebelah kanan, Massa Padat—> DD/FAM
    Yang mau saya tanyakan DD itu apa ya dok?? Saya disuruh operasi untuk pengangkatan, kalau seandainya tidak operasi bagaimana dok?? Karena yang saya baca meskipun sudah operasi, kemungkinan benjolan itu muncul lagi.

  4. 897
    Dr. Sukma Says:

    Halo nada,

    Kondisi anda itu TIDAK normal. Itu keenjar getah beninhg/ KGB yanhg membesar atau bengkak akibat berbagai hal : infeksi atau radangatau kelainan akibat anak sebar tumor ganas. Yang terakhir akibat kanker sel darah putih mononuklear atau limfosit yg disebut limfoma dan leukemia jenis ALL, CLL.

    Kemungkinan terbesar kasus anda adalah radang atau infeksi didalam rongga mulut trmasuk gigi geligi, gusi dan juga tyenggorokan serta kerongkongan. Jangan sering dipegang-pegang atau diyekan. Sebaiknya di observasi saja. Bila ada radang tenggorokan atau yg lain sebaiknya diobati dg antibiotika yg sesuai. Bila rtadang hilang, biasanya benjolan itu akan menghilang juga.

  5. 896
    Nada Says:

    Dear Dokter Sukma,

    Perkenalkan nama saya Nada, usia 26 tahun. Saya ingin menanyakan, apakah setiap orang memiliki benjolan kecil di sekitar bawah rahang sebelah kiri dalam. Karena belakangan ini saya baru mengetahui benjolan tersebut, dan jika ditekan terasa sakit. Apakah benjolan tersebut bisa membesar? Dan apa efek ssampingnya? Mohon penjelasannya mengenai permasalahan yang saya alami.

    Terimakasih

    -Nada-

  6. 895
    Dr. Sukma Says:

    Halo dedy,

    Sercara teoritis kondisi anda cvenderung ke limfoma malignum. Akan tetapi bbrapa bulan tyerakhir ini saya banyak menemukan ksus limfadenitis TBC kaseosa multipel. Persis spyt anda : banyak benjolan di leher kanan kiri dan juga supraclavicula. Yg menurut dugaan klinisi dan sy sendiri lebih condong ke limfoma. Namun hasil biopsi jarum halus/ FNAB bicara lai yaitu peradangan KGB oleh kuman TBC. So, anjuran saya sebaiknya ilakukan FNAB thd salah satu benjolan KGB itu unyuk mendapatkan diagnosis pasti. Bila ternyata TBC obatnya ada dan murah..

  7. 894
    dedy Says:

    salam damai Dokter
    perkenalkan saya dedy usia 24 tahun, thn yg lalu, ada 3 benjolan kecil di perut saya, (mgkin 1/2 ukuran jagung) dan skrang ukuranxa sudah ada sebesar pete, dan bertambah byk dibadan saya, dan sepertinya dileher juga ada. Apa ini semacam kelenjar getah bening? Dan kalau ia, apa bisa diobatin dok?? Kalau dioperasi, kyknya udah ga mgkin Dok, karena sudah trlalu byk. terimakasih sebelumxa!

  8. 893
    qori Says:

    siang dok,,, sbulan ini di leher sy terdapat benjolan, stlh 2x ke dokter sy dirujuk utk ke rs darmais, dan slasa kmrn sy kesana, hasilnya diduga antara kanker getah bening atau TB getah bening,,
    klo TB sy tidak batuk2 dok,, dan dokter di darmais menyarankan sy utk operasi agar lbh jelas,, tp sy dan keluarga msh bingung krn faktor biaya,,
    sy sdh cek darah dan hasilnya anemia,, yg ingin sy tanyakan apakah penderita TB getah bening juga mengalami anemia?? trima kasih banyak dok,,

  9. 892
    arif hidayat Says:

    siang dok…saya mau tanya,ayah saya dibelakang ketiak terjadi pembengkakan sebesar kepalan tangan,sudahberobat kemana mana,tapi belum menemukan jenis penyakitnya apa, ada yang bilang,kanker,tumor..penyakit ini sudah diderita belasan tahun,dulu katanya belum terasa efeknya..tapi sekarang mulai menggangu aktifitas beliau…bisa mohon penjelasannya,sedikit tambahan,ayah saya seorang perokok aktif.

  10. 891
    Dr. Sukma Says:

    Halo Anonymous,

    Sayang anda tdk menyebutkan apakah laki2 atau perempuan. Bila wanita, kemungkinan terbesar mammasry aberrans atau radang akar rambut/ folikulitis. Bila laki2 limfadenitis kemungkinan terbesar. Sebaiknya diangkat/ operasi mengeluarkan benjolan tsb. Sehingga msdalah menjadi tuntas, tidak berkepanjangan mengganggu konsentrasi kerja anda sehari-hari.

  11. 890
    Anonymous Says:

    dok, saya mau tanya ni dok. belum beberapa lama ini saya mersakan sakit karena ada sedikit benjolan kecil di ketiak.tapi kadang dia muncul dan kadang hilang beberapa lama. kadang sakit dan beberapa lama lagi hilang sakitnya. ntar bisa muncul lagi dok. kadang terasa ga enak badan dan kadang ga juga dok. sudah saya periksa ke dokter, tapi kata dokternya itu peradangan pada kelenjar getah bening dok. dikasi obat aja dok. dan katanya insya Allah ga berbahaya, kalo menurut dokter gimana??? apa langkah saya selanjutnya???

  12. 889
    sriana milliherb Says:

    mbak Nita jangan khawatir coba dulu minum Millikunir 3 x 1 kapsul, minum Millgesic Oil 3 x 10 tetes dan benjolan dikompres dengan Milligesic oil. Insya Allah dalam 1 – 2 minggu kempes, karena mempunyai turunan terkena kanker untuk pencegah kekambuhan minum setiap hari 1 kapsul Millikunir dan minum 10 tetes Milligesic oil. hubungi 0218647723. mudah2an selalu sehat

  13. 888
    Rollin Says:

    Dok mau nanya..saya pria umur 27 thn..tidak merokok dan alkohol..sekitar 6 bulan lalu saya terkena sakit tenggorokan..tapi rasanya beda dengan sakit tenggorokan yang saya alami terdahulu..biasa minum spiramycin 500mg sembuh..akan tetapi kali ini tidak sembuh..rasanya ada yang sakit di tenggorokan sebelah kiri.lalu saya periksa katanya amandel.memang sy berkaca melihat amandel yang kiri membesar lebih besar dari yang kanan..minum obat cloracef dan hexilon sembuh..tetapi selang 1 minggu kumat lagi..saya minum berbagai antibiotik..lalu ketika melihat kaca.amandel saya sudah normal..tetapi sepertinya ada rasa sakit yang masih ada di tenggorokan dalam saya sebelah kiri..lalu saya tengadahkan kepala saya raba2 ada seperti benjolan sekitar 1cm..benjolan itu kalo dalam keadaan posisi kepala biasa tidak teraba..terabanya ketika kepala saya tengadah ke atas..tapi hanya di sebelah kiri saja..sebelah kanan tidak ada .saya juga tidak mimisan.lalu hari2 berjalan telinga saya sebelah kiri seperti ada angin berhembus dan tiba2 berkurang pendengarannya..saya cek tht katanya telinga kiri terkena virus..kalo tidur telinga berdenging..sakit tenggorokannya masih ada terkadang ketika menelan makanan..kadang suka saya pegang2 benjolan itu..tidak sakit memang dok..tapi dalam keadaan biasa suka cenut2 leher saya..saya tidak merasa demam..lalu 1 minggu terakhir saya juga merasa kalo bangun tidur berkeringat..karena memang saya sangat stress dengan keadaan ini..badan juga lemas..napsu makan berkurang..perut sakit dan mual..saya cek darah LED 4 rujukan (0-15) monosit berada di ambang batas yaitu 8..go gt normal..mohon petunjuknya dok..terimakasih

    Cek asto 400..saya rontgen thorax hasil bagus..kata dr tht ada pembesaran kgb..tapi hanya di bagian leher saja dok..tenggorokan juga kering suka berdehem..kata dr tht ada gejala lpr..tolong petunjuknya dok

  14. 887
    anna djoko gondokusumo Says:

    Ass. Wr.Wb dr. Sukma,
    cucu saya yg usia 2 thn kemarin tgl 15 Mei di rawat slmm 5 hari krn panas tinggi sampai 39,7 drjt dia ada batuk, serta mnth2 tdk mau mkn dan mnm, kata DSA kena Virus, beratnya turun 3 kg, skrg hny 9 kg, dia ada alergi obat panas, selama di RS hny di kompres. Perlu dr. ketahui cucu saya ada benjolan di belakang telinga kanan dan di leher kanan kiri, apakah ini kelenjar getah bening ataukah kelenjar Thymus, mau di biopsi masih terlalu kecil, bolehkah cucu saya minum PROPOLIS 1 x 3 tetes untuk meningkatkan kekebalan tubuh krn hampir setiap bulan dia kena batuk dan pilek, mohon sarannya dan sebaiknya sy hrs bw ke dokter spesialis apa, tks.

  15. 886
    siska Says:

    siang, dok.
    saya mau menanyakan, dibawah telinga kiri kakak saya ada benjolan.sudah dirasakan sejak tiga bulan terakhir,dulunya tidak kentara, tapi sekarang sudah membesar, rasanya sakit dan sering pusing. penyakit apakah itu,dok.apakah kanker?bagaimana cara mengatasinya?apakah harus operasi? ataukah ada cara penyembuhan yang lain?dan apakah bisa sembuh total ?
    Terimakasih banyak dok.

  16. 885
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dwi,

    Kemungkinan terbesar adalah mammar aberrans. Yaitu jaringan payudara yang posisi/lokasinya tidak normal. Obatnya tidak ada cara lain selain operasi mengangkat jaringan yg salah tempat itu. Jadi kunjungi dokter bedah agar dilakukan operasi pengangkatan. Demikian.

  17. 884
    dwi Says:

    salam.dok,saya perempuan usia 27th.di ketiak kanan saya ada benjolan yg terkadang terasa sakit dan kalau di pencet keluar cairan.tapi tdk sering.benjolan ini ada semenjak smu.dulu hanya sebesar biji kedelei,tapi kemarin terasa sakit lagi.ketika saya raba sudah sebesar biji jagung dan keluar cairan waktu saya pencet.apakah ini termasuk gejala kanker kelenjar getah bening?trima kasih sebelumnya

  18. 883
    dion Says:

    dok, apakah kelenjar getah bening dapat muncul di bagian kepala tidak?.thanks.

  19. 882
    SRI MURTINI Says:

    Salam sejahtera,
    Dok, di Media Suara Merdeka Smg tgl 16 Mei 2011 memuat metode pengobatan kangker KGB(lympoma maglina NHL) dgn metode refini asap kretek oleh seorang Prof Dr di salah 1 rumah sakit Malang. Barang kali ini dpt menjadi wacana dokter dlm memberi alternatif pengobatan KGB NHL.

  20. 881
    Andita Rullyna Says:

    Salam bu Dr. Sukma..
    Saya mahasiswi berusia 20th.
    Beberapa bln yg lalu, di leher saya sblah kiri muncul benjolan kecil, dan kalau di pegang terasa sakit. Badan terasa meriang dan demam. Lalu saya priksakan ke dokter, dokternya bilang sy kena kelenjar limfo, dan akibatnya karena kelelahan dan kurang istirahat. Dan stelah itu hnya dikasi obat pnurun demam dan meriang. selang beberapa hari bdan sy sudah enakan, tpi benjolan di leher masih ada. dan sebulan kemudian, benjolan itu pun membesar dan bdan sy menggigil demam, meriang dan sangat ngga enak. kmbali sy priksakan ke dokter yg berbeda, dokter yg kali ini, bilang klau sy terkena kelenjar limfoma dan 4hari lagi hrus di bawa kmbali ke dokter utk check up. Menurut dokter sukma, apa benar sy terdiagnosa kelenjar limfoma ? dan apa solusinya utk saya. Terima kasih sebelumnya dok.

  21. 880
    Novi,Bdg Says:

    Siang bu,anak sy cowok 8th br menjalani test FNA ?ª?? ke 2 stlh 9 bln berobat dgn diagnosis klinis limfadenitis TB a/r colli bilateral dgn tindakan FNAB kelenjar getah bening colli dextra&sinistra:massa nektrotik sedikit,mikroskopis sampel sediaan biopsi aspirasi I & II tampak sarang2 jaringan nekrotik,sel2 germinoblast,sebukan sel radang limfosit,proliferasi sel epiteloid &proliferasi sel epiteloid&ditemukan beberapa sel datia Langhan’s,kesimpulan:limfadenitis kronis o/mikrobakterium proses dlm terapi a/r colli bilateral,saran:terapi adekuat sebaiknya dilanjutkan bila perlu resistensi test,apa maksudnya ya bu?pdhl selama 9 bln ini minum suprazid 400 & rifamtibi 600 masing2 1/2,apakah artinya terapi itu msh hrs dilanjutkan,max berapa lama pengobatannya,apa ada efek samping bila minum obat dlm waktu lama,baik psikis/phisik,sy tdk tega kl hrs terus menerus minum obat& test FNA berulang u/mengetahui virus sdh mati/blm,trima kasih sblmnya bu

  22. 879
    Aris Says:

    Salam kenal dok,

    saya \Aris usia 28thn, yang mau tanyakan dibagian agak belakang (deakt tengkuk) timbul benjolan kira2 sebesar kacang hijau apakah itu gejala kelenjar getah bening? biasanya posisinya di leher bagian mana dok? sy sgt khawatir terhadap hal ini..

    terimakasih

  23. 878
    Ayu Amaliah Says:

    asw dok, saya mau tanya tentang penyakit kelenjar, adik saya yang paling kecil sering merasakan pegal di daerah leher sampai punggung, sudah hampir 1 tahun, pada saat kmrn dipijat diberitahukan bahwasannya ada penyakit kelenjar, apakah itu benar? apa saja yang harus dihindari? penanganan apa yang harus kita lakukan dok? terimakasih dok

  24. 877
    Anthonij Sitorus Says:

    Salam kenal buat bu Dokter !
    Perkenalkan Dok, Nama saya Anthonij Sitorus, saya mempunyai seorang anak laki-laki berusia 8 th dan duduk di kelas 1 SD. Sejak berusia dua tahun anak saya ini, gampang terserang batuk-batuk dan flu, dan sudah sering minum obat-obatan antibiotik yang diresepkan dokter. Berat badan anak saya sekarang 12 tahun, dan kelihatan “agak” kurusan. Nafsu makan agak rendah, tetapi untuk jenis makanan tertentu, dia lahap makan seperti mi goreng dan nasi goreng. Perlu saya tambahkan bahwa hampir seluruh gigi anak saya ini membusuk dulu baru berganti, dan masih ada beberapa gigi susu yang belum berganti, tetapi kondisinya membusuk. Setahun yang lalu, karena batuk kami membawanya ke Dr spesialis paru, setelah di foto Thorax, dokter mengatakan anak saya terkena gejala Bronkhitis ringan, lalu diberi obat.Di leher anak kami ini Dok, tepatnya di bawah rahang kiri ada benjolan sebanyak 3 buah, di bawah rahang jkanan ada 2 benjolan beruluran hampir sebesar kelereng. Ketika kami konsultasikaan ke dokter spesialis paru seperti yang saya ceritakan di atas, dokter menyarankan biopsi, tetapi kami takut sebab dalam pemahaman kami biopsi ini dapat diibaratkan seperti ” membangunkan macan tidur “. Gambaran seperti kurang bergairah, tidur malam berkeringat, berat badan menurun, sepertinya tidak kami temukan pada anak kami, benjolan tersebut tidak dikeluhkan, yang ingin kami tanyakan adalah :
    1. Apakah test Mantoux berbeda dengan biopsi dan yang manakah yang memberikan keakuratan hasil pemeriksaan yang lebih baik ?
    2. Apakah anak kami menderita TB kelenjar ?
    3. Makanan seperti apa yang menjadi pantangan buat anak kami ?
    Kami sangat mengharapkan penjelasan dari Bu Dokter dan atasnya kami haturkan banyak terima kasih.

  25. 876
    nita Says:

    siang dok,

    saya mau bertanya sejak 2 minggu yang lalu saya menderita demam tidak terlalu tinggi dan kondisi badan menurun saya pikir hanya kelelahan krn memang volume pekerjaan sedang tinggi jd saya pikir istirahat yg cukup saja, tapi sekitar seminggu yg lalu ada benjolan di leher bagian depan kanan bawah sebesar kelereng kecil tidak terlihat hanya terasa ketika diraba dan saya langsung konsultasi ke dokter dan diinfokan pembesaran KGB, diberi antibiotik dan cek darah. sudah seminggu kondisinya masih sama hanya sdh tidak demam, tapi leher terasa kaku dan jadi sering migran.

    Besok jadwal saya untuk kontrol, mohon info dan masukan dari dokter, saya aga khawatir krn keluarga saya (ayah saya 10 thn yg lalu) ada sejarah kanker getah bening.

    trima kasih dok

Pages: « 43 … 39 38 37 [36] 35 34 33 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe