PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 … 40 39 38 [37] 36 35 34 … 1 » Show All

  1. 925
    robert Says:

    dear Dr. Sukma,

    Tolong Bu Dokter saya dibantu..
    Apa nama penyakit saya jika terjadi pembengkakan sekitar rahang atas kanan disekitar kuping tersebut ??
    Apa ini juga bisa dikatakan TB Kelenjar sesuai hasil biopsi dokter atas benjolan lain yg ada di leher ??

    Tolong dibalas Bu Dokter.

    saya punya masalah, yaitu ada beberapa benjolan pada tubuh saya, terutama di ketiak, leher, dan di selangkangan. Khusus utk di rahang terjadi pembengkakan, entah karena apa..? tapi semua ini sdh saya periksakan ke dokter onkologi di kota saya, dan dokter saran ke saya utk biopsi (operasi bius lokal utk pengambilan salah satu kelenjar / benjolan yg ada dileher saya) dan hasilnya dokter bilang bahwa saya TBC kelenjar, lalu saya diberi obat RIMSTAR, obat diminum sebanyak 5tablet utk 1×1hari, dan saya sdh melakukan therapi obat ini, hasilnya lumayan baik, kelenjar yang ada di tengorokan dan beberapan dileher mengalami pengempesn yg signifikan. Tapi terakhir minggu, kok saya merasa pembengkakan rahang sebelah kanan dan dibawah kuping saya semakin membesar aja, jadi sedikit menganggu makan saya…padahal sbelumnya mengalami pengepesan.
    padahal saya rutin minum obat loh dok.
    Tolong saya dibantu dok, apa biasanya penyakit pembengkakan yang ada di rahang sebelah kanan & dibawah telinga tersebut ???
    saya sdh cek darah utk cancer selama 2x, hasilnya adalah negatif.
    Tolong dong dibantu dengan penjelasannya sedetail mungkin.

    Terima Kasih, robert

  2. 924
    Dr. Sukma Says:

    Halo komar,

    1. Hiperplasia reaktif KGB bersifat jinak, tidak berbahaya dan merupakan reaksi pembesaran KGB akibat adanya radang dan kondisi lain yg terjadi dlm waktu lama/ berkepanjangan.
    2. Benar, akan nyaris tetap seperti itu, kalaupun membesar dengan sangat perlahan. Kalau anda merasa terganggu dg adanya benjolan ini, maka bisa diangkat/ operasi kecil membuang KGB tsb sekalian recheck pem histoPA untuk memastikan hiperplasia reaktif dan bukan yg lain (TBC, limfoma, dll).
    3. Terapi limfadenektomi alias mengangkat KGB spt yg sy tulis d point 2.

  3. 923
    komar Says:

    salam knal dok,
    sejak 2 bulan yang lalu timbul benjolan di leher kiri agak kebelakang. munculnya benjolan tsb dibarengi dengan batuk2, radang tenggorok,pilek, dan demam. 2 minggu saya berobat ke puskesmas, batuk2, radang tenggorok,pilek, dan demam saya sembuh. tinggal benjolannya yang tidak hilang2. konsistensi benjolan agak keras, dan terfiksasi.

    lalu saya ke dokter keluarga dan akhirnya dirujuk ke spesialis bedah. setelah di dokter bedah, saya dirujuk ke patologi anatomi dan dilakukan FNAB. dan hasilnya saya di diagnosis “reactive Lhymphadenopaty”
    dengan hasil gambaran mikroskopik : terdiri dari sebaran sel limfoid berbagai populasi dan beberapa sel eosinofil, tidak ditemukan tanda2 keganasan maupun tbc”

    setelah itu saya kembali ke dokter bedah dan kata dokter bedah tersebut tidak apa2, dan tidak usah kawatir. smpeyan hanya kecapekan saja. dan kata beliau juga benjolannya tidak akan bisa mengempis.

    yang saya tanyakan.
    1. apakah diagnosis PA saya merupakan kelainan yang berbahaya dok?
    2. apakah benar kata dokter bedah yang mengatakan bahwa benjolan saya tidak dapat mengecil?
    3. apakah ada terapi untuk mengatasi/mengecilkan bejolan saya?

    terimakasih banyak.

  4. 922
    Dr. Sukma Says:

    Hai Vivi,

    Pendapat sy sebaiknya dibahas yangh pada tumor payudara. Karena bahanya lebih banyak sehingga pembahasannya bisa lebih panjang. Sehingga dari segi kualitas tulisan akan lebih baik karena mengupas tumor jinak dan tumor ganas, juga peradangan, dll.

  5. 921
    vivi Says:

    halo dok, saya mahasiswa fk yg sedang membuat skripsi ttg sensitivitas fnab pada tumor payudara.

    kalau boleh, saya ingin minta saran dari dr. sukma..
    yang mana lebih baik saya bahas, sensitivitas fnab pada tumor payudara atau pada kanker payudara ??

    terima kasih dok..

  6. 920
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yogi,

    Sebaiknya diobservasi saja keluhan nyeri perut kanan bawah putra anda. Perhatikan juga pola BABnya. Kalau KGB membesar disepanjang usus bisa terjadi invaginasi ileus atau masuknya bagian usus kedalam lumen usus didekatnya, akibat massa KGB yg membesar shg mengganggu kerja pencernaan dalam hal ini usus yg banyak KGBnya. Invaginasi ileus merupakan kegawatan medis yg HARUS segera ditangani. Bila terlambat akan sangat berbahaya. Ini yg patut diwaspadai.

  7. 919
    Yogi Says:

    Dokter, anak saya usia 11 tahun, tiba-tiba mengalami nyeri di perut bagian kanan. Saat dokter anak melakukan diagnosis, diduga radang usus buntu. Lalu disarankan untuk tes laboratorium (darah, urin, dan USG). Hasil tes darah adalah hemoglobin 12 g/dL, hematokrit 34,5%, leukosit 5,26 ribu/mikro L, trombosit 273 ribu/mikro L. Tes urin menurut dokter bagus. Tes USG mengindikasikan banyak kelenjar (getah bening?, KGB), bukan usus buntu. Saya mohon saran dokter apakah kemungkinan hasil tsb merupakan KGB cukup besar? Kejadian sakit ini baru dialami saat ini. Apa langkah terbaik untuk pengobatan dan pencegahan? Terima kasih sebelumnya. Salam.

  8. 918
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sonia,

    Sebaiknya kunjungi dokter SpOG, karena kondisi tsb agak serius, tidak bisa hilang dg minum obat atau dioles salep. Penyakit itu disebut kista Bartholin dan obatnya adalah operasi (kecil) mengangkat seluruh kista/ dinding kista yg disebut marsupialisasi, agar tidak kambuh lagi.

  9. 917
    sonia Says:

    umur saya 30 tahun, 2 minggu terakhir ini di bawah maap dok di bibir vagina terjadi benjolan yg tadiyaa keci kmudian membesar dan terasa sakit.sehingga tuk jalan saja saya gak bisa dok,,apakah ada obat atu salep tuk mencegah terjadinya benjolan atauu menghilangkan benjolan tersebut

    mohon bantu saya y dok … terima kasih

  10. 916
    fico Says:

    dok sy mengalami benjolan dibelakang telinga tp setiap sy mengalami pusing benjolan itu membesar dan ketika pusingnya hilang benjolan itu mengecil, bernahayakan benjolan tersebut dan sy hrs berobat ke dokter spesialis apa ya..?

    terima kasih

  11. 915
    Dr. Sukma Says:

    Halo Desi,

    Paling tepat dilakukan biopsi jarum halus/ FNAB pada kelenjar getah bening/KGB yang membengkak tsb. Dari fnab bisa diketahui apakah tumor atau hanya radang oleh bakteri spesifik/tbc atau non spesifik. Bisa oleh virus, jamur, dll. Kemudian barulah diberikan pengobatan/ terapi sesuai hasil fnab. Dan pada orang tua seperti usia ayah anda ditakutkan kanker ganas kelenjar getah bening atau anak sebar kanker ganas ke daerah KGB di leher.

  12. 914
    desi Says:

    Dok saya mau tanya. Udah 1 bulan ini ayah saya ada benjolan dilehernya. Makin lama makin membesar. Apa ada kemungkinan dia kanker ganas ???? Sudah dibawa kerumah saki,,tetapi tidak ada kemajuan

  13. 913
    Juhli Says:

    Dok mau tanya, istri saya sudah 1 minggu ada benjolan kecil di leher, itu rasanya nyeri. sudah di bawa ke dokter dan dikasih obat2an, nyeri yang di rasa itu sakit kepala, sakitu badan dan demam. itu kira2 apa ya dok? dan obat yang tepatnya apa! terimakasih

  14. 912
    elly fitria Says:

    BAGI YG TERDITEKSI SAKIT, HENDAKNYA BERDOA DAN JAGA APA UG KITA MKN, ADA BAIKNYA MAKANAN YG KITA MKN KITA BIKIN SENDIRI.. UTK MENHINDARI ZAT2 YG MERANGSANG PEMBENTUKAN PENYAKIT MISALNYA : MSG, SAKARIN, PENGAWET MAKANAN, MAKANAN KALENG, ATAU HENDAKNYA KITA MEMAKAN SAYURAN YG ORGANIK SERTA DAGING DAN TELUR YG PROSESNYA ALAMIAH TANPA SUNTIKAN.. MISALNYA AYAM KAMPUNG DAN TELORNYA AYAM KAMPUNG JUGA.., PEREBUSAN ATAU PENGGORENGAN GUNAKAN YG DARI TANAH LIAT.. MINYAK HENDAKNYA BIKIN SENDIRI.. MENU MKN BERVARIASI UTK GIZI.. JGN LUPA KONSUMSI SAYUR DAN BUAH RUTIN AGAR TERHINDAR DARI PENYAKIT, SEPERTI JUS APEL 1/2 DAN WORTEL 1/2 KG DI JUSER JG BOLEH.. DEMIKIAN INFO SEHAT BUAT TEMEN YG LAGI SAKIT.. SEMOGA CEPAT SEMBUH.. OH IYA UTK YG ADA BENJOLAN TUMOR ATAU CANCER, BOLEH DI COBA RECUSAN DAUN SIRSAK.. ATAU KUNYIT PUTIH.. SALAM..

  15. 911
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mirah,

    Tidak ada yg salah dg hormon anda. Masing2 wanita mempunyai kecenderungan memiliki ukuran payudara sesuai dengan bakat yg diturunkan dari ibu kandung atau nenek kita masing2. Karena itu seorang ibu yg sexy dg payudara montok biasanya akan menurunkan ke-sexian itu pada anak perempuannya. Sebaliknya ibu yg berdada hampir datar akan juga menurunkan payudara yg kecil kpd anak perempuannya. So, kita tidak bisa merubah ukuran dan bentuk payudara dengan hormon atau obat2an lain.

    Pada saat menyusui semua kelenjar didalam payudara anda bersekresi, mengisi kelenjar2 tsb dg air susu. Setelah tidak menyusui lagi maka kelenjar mengempis kembali karena kosong.

    Hanya operasi plastik yg memungkinkan untuk memperbesar ukuran maupun memperbaiki bentuk payudara dengan memasukkan silikon sbg implant. Dan kita semua sudah tahu efek samping dari bahan artificial tsb seperti kasus Inong Melinda dari Citibank.

  16. 910
    NIta Says:

    Dokter dokter yang terkasih .. apa kah kangker kelenjar getah bening ini ada harapan untuk sembuh … saya mohon bantuannya .. jika bisa apa yang harus dilakukan dan obat yang harus diminum …. Terima kasih

  17. 909
    Dr. Sukma Says:

    Hai Devi,

    Pendapat saya pembesaran KGB di ketiak/ axilla BUKAN disebabkan radang TBC. Yang lebih umum pada wanita dg pembengkakan tsb biasanya akibat jaringan payudara yg berada diluar lokasi normalnya. Kelainan itu disebut ‘m.mary aberrans’ supernummery mammae, dst. Jadi jawaban atas pertanyaan anda :

    1. Pil KB memang ADA kaitannya dg mammary aberrans. Pil KB dg TBC setahu saya tidak berkaitan
    2. Tidak berbahaya, akantetapi akan terus membesar bila tidak diangkat/ operasi
    3. Sebaiknya ke dokter spesialIs PA agar dilakukan biopsi jarum halus/ FNAB sehingga diketahui pasti diagnosis pembengkakan di axilla tsb. Dengan demikian terapi akan disesuaikan dengan diagnosis FNAB.

  18. 908
    devi Says:

    selamat pagi dokter,

    Saya devi 26 th, sudah menikah, sktr 9 bln lalu pernah punya riwayat operasi kelenjar lymphodenitis d axila sbelah kiri, stlah saya menikah, saya dan suami brsepakat untk menunda kehamilan, dngan meminum obat penunda khamilan ( sejenis obat KB) tanpa knsultasi k dokter trlebih dahulu, yang saya tahu skarang, bahwa ternyata obat2 KB smacam it dapat memicu pembesaran kelenjar, dan yang saya rasakan skarang benjolan yang ada di axila saya membesar lagi dan sakit rasanya, yang mau saya tanyakan:
    1. apakah benar ada pengaruhnya konsumsi obat penunda khamilan (obat kb) dengan pembesaran kelenjar yg saya alami?

    2. Apakah pembesaran kelenjar ini berbahaya dan bisakah di sembuhkan secara tuntas?

    3. Apa yang harus saya lakukan dengan adanya pembesaran kelenjar ini?

    Terima kasih
    Devi

  19. 907
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fafa,

    Benar. Sebaiknya benjolan atau KGB yg membesar diketiak anda diangkat/operasi agar jelas diperiksa secara histo-PA apa gerngan pembesaran kali ini. Kalo dulu dinyatakan TB kelenjar, apakah yg sekarang sama atau bukan dg yg lalu.

  20. 906
    fafa Says:

    slmt malam dokter,
    Saya mau tanya sktr satu setengah tahun yang lalu saya pernah operasi kelenjar lymphoma d bagian ketiak.stlah d PA tnyta hsilnya adalah TB krn d lihat dr hasil rongen d ketahui bahwa itu TB, saya sempat mengkonsumsi OAT slama 1 tahun. Tp stlah obat d hentikan, kelenjar yang mulanya sudah d operasi itu membesar lagi dan terasa nyeri. Apakah dengan seperti it bisa di katakan mengganas dan apakah perlu d operasi kembali untk d ambil lagi?
    Trima kasih

  21. 905
    zhee Says:

    Dear Dr. Sukma,

    Saya zhee umur 24thn, dan saya merokok. Saya ada beberapa benjolan di leher belakang (tadinya berjumlah 2, namun sekarang bertambah menjadi 3)dan terasa cukup sakit. Saya sudah check ke Rumah Sakit / dokter umum, mereka hanya mendiagnosa Kelenjar Getah Bening tanpa penjelasan lebih lanjut, dan saya diberi obat (3 jenis obat berbentuk tablet) 1 antibiotik, 1 untuk nyeri di benjolan tersebut dan 1 untuk sakit kepala. Kalau lagi sakit, badan terasa linu, sakit kepala yang luar biasa, dan suhu badan langsung drop. Untuk nama obat maaf saya tidak menyebutkan karena obat telah habis di konsumsi. Saya butuh saran dokter untuk langkah selanjutnya dan apakah ini termasuk berbahaya? Dan apa penyebabnya?

  22. 904
    mila Says:

    Dear Dr. Sukma,

    sudah 3 minggu terakhir ini di bawah ketiak kanan saya ada benjolan kecil, awal nya sakit ketika ditekan tetapi skrg tidak sakit bila ditekan…dada saya pun terasa sesak, dan sering batuk2 kecil yg sampai saat ini blm sembuh, klu bangun tidur dipagi hari badan terasa lemas dan pegal semua…mudah letih, dan apabila melakukan aktivitas yg berat sulit bernafas…kira2 gejala penyekit apa y dok…?

    mohon bantu saya y dok … terima kasih

  23. 903
    Margaret Says:

    Dear Dr. Sukma,
    Umur saya 37 tahun dan masih single. Di dekat rahang kiri saya beberapa kali timbul benjolan, pertama kali timbul pada saat saya sedang makan ikan. dan setiap kali benjolan itu timbul pada saat makan dan disertai gatal pada lidah kiri saya. Apakah itu termasuk penyakit KGB yang dokter terangkan? Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih sebelumnya atas waktu dan pengarahan dokter.

    BR,
    Heny

  24. 902
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hendra,

    Kalau sudah dilihat oleh dokter spesialis anak, itu aman. Pada bayi dibawah satu tahun, sering ditemukan benjolan kecil dibagian tubuh tertentu. Dan biasanya nanti akan hilang sendiri. So, pada anak anda usia 8 bulan, pasti itu tidak berbahaya krn sudh diperiksa dokter anak. Bisa kgb dan bisa bukan kgb. Yang penting benjolan di OBSERVASI saja, dan JANGAN sering dipegang atau ditekan-tekan..

    Bila selama bservasi terlihat cepat membesar, sebaiknya periksa ulang ke dokter anak yg lain…

  25. 901
    Hendra Says:

    Dokter,

    Anak saya berusia 8 bulan. Di dekat rahang sebelah kiri timbul benjolan yang bila diraba dari pipinya terasa keras. Saya sudah bawa ke dokter anak dan diberikan obat antibiotic racikan. Sedikit mengecil, namun masih ada benjolan yang keras. Napsu makan anak saya masih normal dan tidak terjadi demam.

    Apakah gejala tersebut termasuk gejala pembesaran kelenjar getah bening? Apakah berbahaya?

    Thanks,
    Hendra

Pages: « 43 … 40 39 38 [37] 36 35 34 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe