PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 … 41 40 39 [38] 37 36 35 … 1 » Show All

  1. 950
    Dr. Sukma Says:

    Halo Zean,

    First of all sebaiknya dilakukan FNAB thd benjolan di regio mastoid tsb. Agar jelas apa sebenarnya benjolan itu sehingga penanganan/ terapinya tepat. Semua keluhan yg anda tulis bisa oleh sinusitis atau lainnya. Agar tidak meraba-raba tanpa kepastian lakukanlah FNAB. Kelihatannya anda mhs FK shg dpt menuliskan istilah medis dg baik dan benar. Kabari saya bila hasil pemeriksaan FNAB nanti keluar. OK, hope everything goes well.

  2. 949
    Dr. Sukma Says:

    Hai Hodbin,

    Saya lebih cenderung berpikir kearah limfoma dari keluhan yg anda tulis. Apakah sudah dilakukan biopsi jarum halus/ fnab pada benjolan kelenjar getah bening tsb? Bila belum sebaiknya dibiopsi agar jelas penyakit ayah anda.

  3. 948
    hodbin Says:

    dok, mohon bantuaanya. ayah saya didiagnosa TB, dengan pembesaran kelenjar getah bening. selama pengobatan TB (sudah berjalan 3 bulan sekarang) bengkaknya kadang membesar.kadang mengecil. sekarang membesar setelah dikaih obat penahan rasa sakit gol.morfin. beliau selalu merasa badannya panas dan kita kompres,gelisah,badan ngilu. gejala TB tapi BTA (-)

  4. 947
    Zean Says:

    Yth dr. Sukma

    Dok usia sya 22 thn,BB 65 kg. sya mempunyai benjolan di regio mastoideus dextra, kurang lebih sejak 5 tahun yang lalu, bnjolan membesar dan skrang kira2 berdiameter 1 cm, tidak merah, tdk nyeri tekan, dulu sya pernah minum rifampicin dan ethambutol karena batuk yg sya derita,sya ke dr.THT januari 2009 dgn kel nyeri ketika di daerah dingin & jika menggunakan AC /mlam hari. sya dianjurkan CT scan, fto kepala, hasilnya sunisitis maxillaris sinistra, mastoid dextra et sinistra kesan normal, tdk tmpak byangan massa ataupun cholesteatoma.
    kemudian diberikan obat oleh dr.THT dan keluhan sya hilang namun bejolannya tidak mengecil.

    sejak saat itu belakangan ini sya mulai merasakan pegal pada m.trapezieus dan benjolan tersebut sepertinya makin membesar.

    menurut dokter apakah sya harus FNAB ataukah biopsi jaringan??kira2 tindakan apa yang seharusnya tepat untuk saat ini saya lakukan?? ditunggu sarannya dok,
    bisa melalui email sya atau lewat blog ini saja dok,.,.
    Terimakasih Banyak dok GodBless.

  5. 946
    bunga Says:

    dear dr…
    saya memiliki beberapa benjolan kecil diameter 2-3 cm di beberapa bagian tubuh saya. saya sudah ke rspad gatsu, tapi belum diketahui jenis penyakitnya. tapi berdasar hasil lab, netrofil batang saya 0%. apakah saya tms terkena kanker kelenjar getah bening? karna benjolan2 tsb ada pada pangkal paha, ketiak, leher, dada, dsb. terimakasih atas perhatiannya. saya tunggu jawabannya.

  6. 945
    Dr. Sukma Says:

    Hai Erin,

    Sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus/ fnab pada benjolan yg besar. Minta rujukan dokter umum ke dokter spesialis PA untuk diuilakukan fnab. Hasil biopsi kemudian dibawa ke dokter penyakit dalam untuk ditindak lanjuti. Bila tbc kelenjar cukup minum obat anti tbc/ OAT dan bila harus diangkat/operasi dilakukan oleh dr. Bedah.

    Akan menjadi/ berkembang jadi berbahaya bila didiamkan saja tanpa diobati/dioperasi tgt hasil fnab.

  7. 944
    erin Says:

    salam ibu dokter sukma, nama saya erin umur saya 19 tahun., sebelumnya saya ingin bercerita mengenai penyakit yang saya alami. dileher kanan saya terdapat benjolan, ada 2 benjolan : 1 besar, 1 kecil. terkadang saya suka merasa sakit dibagian kuping dan didaerah kepala bagian kanan belakang. saya sudah coba untuk periksa kedokter. sudah 2 rumah sakit yang saya datangi. saya sudah cek darah, dan ronsen paru2, hasilnya paru2 saya normal, dan dikatakan saya negatif TBC. 2 dari rumah sakit tersebut menyarankan saya untuk kedokter bedah untuk periksa lebih lanjut.
    yang saya ingin tanyakan, bagaimana langkah yang harus saya ambil ? (1)
    menurut bu dokter, benjolan ini termasuk berbahaya apa tidak ? (2)
    dan jika saya diamkan, apakah akan berdampak parah dan berbahaya untuk saya ? ,(jika memang iya, apakah jalan terakhir yang harus saya lakukan ?, apa harus dioperasi ? ) (3)
    terimakasih sebelumnya atas saran masukan bu dokter
    salam hangat
    erin

  8. 943
    Maria Says:

    Malam Dokter

    Salam kenal, Dokter papa saya di vonis menderita kanker jaringan lunak.. 2 minggu yg lalu terdapat benjolan di perutnya dan benjolan tersebut sudah di operasi oleh dokter bedah … setelah di teliti ternyata benjolan itu yg tadi nya di curigai sebagai Lipoma ternyata bukan melainkan kanker jaringan lunak. Yang ingin saya tanyakan dalam kasus papa saya :
    1. Apakah penderita kanker jaringan Lunak dapat disembuhkan ?
    2. Makanan apa yang TIDAK diperbolejkan bagi penderita kanker jaringan lunak ?
    3. Apakah ada tanda tanda yg spesifik bagi penderita kanker jaringan lunak ?

    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih. Saya berharap dokter dapat meberikan penjelasan.

  9. 942
    Hilman Says:

    Hallo dokter..

    Salam kenal, sudah 2 hari ada benjolan kecil di belakang telinga sebelah kiri dan kanan saya. Sebelumnya saya demam selama kurang lebih 4 hari. Apabila benjolan tsb ditekan terasa sakit. Apa penyebab benjolan tsb dan bagaimana disembuhkannya dok?

    terima kasih atas penjelasannya..

  10. 941
    ami Says:

    Ass sok, anak saya usia 3,9 thn, bangun tidur mengeluh leher nya sakit, setelah sy perhatikan pas bag tengah leher ada benjolan, sy bw kedokter anak dan dib obt anti biotik,tp tetap tidak hilang, kemudian di rujuk ke dr bdh, hsl lab, semua normal, tp LED tinggi 60, rontgen torax jg normal, kira2 apa ya dok ? sy tidak puas dgn jwbn dr bdh yg krg memuaskan n ga jls diagnosanya, cuma bilang di buang aja (di operasi) sedangkan saya blm tau pasti diagnosanya, mohon jwbnya, dan tks

  11. 940
    ahmad faidillah Says:

    Dok,,. sya laki2 usia 23thn, thun 2006 sya mnderita pembenkakan di leher, kta dokter puskemas sya trkena infeksi virus TB, sya berobat, tpi tdk mnunjukan hsil, akhirx sya tmpuh berobat tradisional, dan bngkak di leher pecah,setahun kmudian msih sering mncul benjolan di leher, tpi tak separah sebelumx, lalu sya di rujuk ke RS, dan berobat slma 6 bln full, krena lebih skit ke paru2, prtnyaan sya dok, sdh 4 thn ini dok,pasca bengkak di lher sya pecah,,. leher saya kaku,susah noleh, terasa ad sesuatu di dlm kepala bgian kiri belakang yng mnjadi pusat kekakuan, jdi sebaikx sya berobat kebagian atw spesialis apa y dok,,..??

  12. 939
    himawan Says:

    Bu Sukma,
    Saya dua bulan lalu terkena pembengkakan di pangkal paha kiri dan ketiak. Awalnya tumbuh di paha setelah saya berolah raga tanpa pemanasan, paha saya pegal2 dan dua malam berikutnya tumbuh benjolan cukup besar. Setelah itu dua minggu berikutnya saya berenang, saat saya mengayunkan tangan, terasa ada urat yang tertarik, dan malam berikutnya tumbuh benjolan di ketiak. Saat ini kedua benjolan tersebut bertambah besar dan terasa ada urat/otot yang mengeras (merengkel) pada benjolan itu, meskipun kalo ditekan tidak sakit bu dokter.. Kira2 saya kena apa ya dok ? Berat badan stabil dan tidak ada demam…

    Thanks

  13. 938
    nda Says:

    Dok, beberapa tahun yang lalu terdapat benjolan di ketiak saya dan di diagnosa sebagai tumor kelenjar getah bening, dan dilakukan operasi pengangkatan,tapi setelah itu kalau kondisi fisik saya menurun suka timbul benjolan sejenis kadang di kepala, di dalam hidung ataupun di kaki, tapi kemudian mengempis lagi,apakan tumor kelenjar getah bening bisa menjadi kanker kelenjar getah bening dok?

  14. 937
    Ai Says:

    Hi Doc,
    Ibu saya di diagnosa menderita kelenjar getah bening di leher minggu lalu. Tidak ada benjolan. Gejala yang dirasakan Ibu adalah gatal2 di seluruh tubuh – terutama di kaki dan di punggung, demam, geringgingan – terutama di tangan, dan merasa seperti kesetrum di ujung2 jari kaki. Sering merasa cepat lelah namun masih energic. Berat badannya juga turun drastis namun nafsu makan tidak bermasalah. Hal ini sudah dirasakan oleh beliau kira2 2 tahun yang lalu. Namun pada saat itu masih berfikir gejala2 tersebut dikarenakan beliau menderita diabetes, yang sudah dialaminya sekitar 4 atau 5 tahun yang lalu. Saat ini Ibu baru ditest darah. Dokter mengatakan fase yang dialami Ibu masih fase dini. Apakah tindakan selanjutnya yang terbaik untuk Ibu saya?
    Trims Dok…!

  15. 936
    Dr. Sukma Says:

    Hai Khismawati,

    Paling baik dilakukan biopsi jarum halus/fnab pada benjolan di ketiak anda. Ada 2 kemungkinan yaitu mammary aberrant dan TB kelenjar. Coba periksa berapa diameter benjolan. Klo diatas satu cm sudah bisa dilakukan fnab, bila kurang dari satu cm sebaiknya tunggu sampai memadai untuk dilakukan biopsi jarum halus/ fnab.

  16. 935
    khismawati Says:

    nama saya khisma umur 21 thun,,,,,,,,, saya mau tanya dokk,,,,,,,,,,,,,, di ketiak saya ada benjolan,tetapi tidak terasa skit,, sudah 3 thun dok, semakin lama kuk semakin membesar,,,,,,,,,, q hrus gmn dok???????

  17. 934
    laung sianturi Says:

    Dear Dr Sukma
    ayah sy pada tahun 1995 menjalani operasi d rumah sakit kisaran krn da benjolan d bawah telinga wlpn ayah sy menyatakan tdk mengalami sakit, namun dokter yg tidak menyampaikan bahwasanya akan trjadi d bagian tubuh lainya, tidak 100% sembuh sehingga pada saat ni tepatnya thn 2011 ayah sy mengalami cancer limvoma di usus besar, sy sngt kecewa dgn dokter yang mengoprasi, jg banyak dockter yg slalu memprediksi penyakit ayah sy jauh meleset dr penyakit yg sebenenarnya hal ini mengakibatkan kecewa kpd dokter di negara kita,, shhga saat ni memutuskan ayah sy menjalani kemotrafi d luar negri sy sangat prihatin jg kecewa trhadap pelayanan jasa dan komunikasi dokter d negara kita sangat minim.

  18. 933
    Ella Says:

    Halo dokter.
    anak saya, perempuan umur 4thn 7 bulan. 2 minggu lalu mengeluh sakit pada leher kiri & waktu saya sentuh seperti ada benjolan kecil diikuti dengan flu ringan & panas (hanya 1 malam). Kemudian sakit lehernya itu hilang, begitu juga flunya reda. Waktu bangun pagi kemarin kelihatan benjolan dilehernya semakin besar & lehernya bengkak. Berat badannya 21 kg, makannya normal dan anak saya aktif bergerak.
    saya sudah membawanya ke dokter anak & diberi obat untuk mengatasi infeksi kelenjar. Menurut dokter jika dalam 5 hari bengkak dilehernya tidak sembuh, maka ada kemungkinan dia terkena TB kelenjar. Saya sangat kuatir dokter. terimakasih sebelumnya untuk penjelasannya.

  19. 932
    el4n Says:

    Dok,
    teman dekat saya ada benjolan di leher, dan kata dokter “kelenjar getah bening” dan disarankan untuk melakukan pembedahan…

    apakah dokter tahu, dokter lain yang bagus di jakarta untuk mencari 2nd opinion??

    Mohon bantuannya Dok..

    Sebelumnya Terima Kasih,

    Erlando

  20. 931
    Ella Says:

    Halo dokter.
    anak saya, perempuan umur 4thn 7 bulan. 2 minggu lalu mengeluh sakit pada leher kiri & waktu saya sentuh seperti ada benjolan kecil diikuti dengan flu ringan & panas (hanya 1 malam). Kemudian sakit lehernya itu hilang, begitu juga flunya reda. Waktu bangun pagi kemarin kelihatan benjolan dilehernya semakin besar & lehernya bengkak. Berat badannya 21 kg, makannya normal dan anak saya aktif bergerak.
    saya sudah membawanya ke dokter anak & diberi obat untuk mengatasi infeksi kelenjar. Menurut dokter jika dalam 5 hari bengkak dilehernya tidak sembuh, maka ada kemungkinan dia terkena TB kelenjar. Saya sangat kuatir dokter. terimakasih sebelumnya untuk penjelasannya.

  21. 930
    kalas Says:

    slamat pagi dok!nama saya Tono.dok anak saya menderita pembesaran kelenjar dibatang leher atas persis dibawah dagu pada kedua sisinya namun putra saya biasa biasa saja ato tidak mersakan sakit.tindakan yang sudah dijalan kan adalah photo thorax dan darah lengkap hasil normal.juga dilakukan biofsi hasilnya adalh REACTIVE LYMPHOID HYPERPLASIA.dok!anak saya mudah sekali sakit terutama demam namun larinya selalu ke DBD karena trombo turun(sudah 8 kali )maaf dok apa sebenarnya yang terjadidan apa itu REACTIVE LYMPHOID HYPERPLASIA.terimakasih dok.

  22. 929
    Dr. Sukma Says:

    Hai didi,

    Sepertinya anda ‘guilty feeling’ terhadap apa yg telah terjadi 5 bulan lalu. Sangat riskan berhub sex dg psk, apapun metode atau style yg anda lakukan. Semakin cantik seorang psk, maka semakin berisiko berhubungan sex dg wanita itu. Karena yg cantik umumnya fully booked.

    Saya khawatir keluhan dan tanda pd tubuh anda mengarah ke HIV. Sebaiknya kunjungi aktivis/petugas HIV/ AIDS dikota anda untuk pemeriksaan screening HIV dg metode ELIZA. Bila test ini positif akan dilanjutkan ke test lain yg lebih spesifik untuk HIV.

  23. 928
    Didi Jakarta Says:

    Dokter sukma…saya Laki2, 40 tahun, bb/tb 59/164 (bb stabil sampai saat ini)… lima bulan yang saya behubungan dengan psk (maaf..oral), saat itu juga saya merasa batuk2, kemudian demam, badan lemas, pikiran tdk fokus, tenggorokan sakit, lidah spt ada jamur..saya pernah ke dokter dalam 2 kali dan dokter THT satu kali.. namun tdk memberikan hasil yg memuaskan… saat ini yg saya rasakan adalah kerongkongan masih agak sakit dan lidah masih ada jamur…oya dok..tdk lama setelah sy berhubungan…ketiak saya sempat muncul benjolan kecil..kemudian hilang…sampai saat ini masih saya rasakan sakit diketiak (apalagi kalau ditekan), seputar leher (bawah rahang)dan spt nya di perut… apakah ini kelenjer getah bening? apa yg harus saya lakukan? kemana sy harus berobat?? tks dok..

  24. 927
    kiki Says:

    dok saya kiki usia 19 tahun , ada benjolan di selangkan tapi terasa sakit, kemudian dileher pun ada benjolan tapi tidak terasa sakit,lalu seluruh badan saya terasa gatal-gatal .kemudian kulit menghitam di dekat anus. saya takut terkena limfoma . apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu dok ?

  25. 926
    Dr. Sukma Says:

    Hai Robert,

    Saya meragukan kondisi anda sbg TB kelenjar dan lebih cenderung kearah limfoma dari semua keluhan dan gejala yg anda tulis. Maka sebaiknya berobat ke RSK Dharmais, Slipi-Jakarta Barat. Dokter dan peralatan serta metode pemeriksaan jauh lebih canggih dan tercanggih di Indonesia.

Pages: « 43 … 41 40 39 [38] 37 36 35 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe