PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 … 7 6 5 [4] 3 2 1 » Show All

  1. 100
    sudiarni Says:

    yth. dr Sukma
    seorang pasien perempuan, 40 thn, datang ke sy u second opinion perihal pembesaran KGB hilus perikardial kanan dan kiri. pembesaran KGB tsbt sdh terlihat pada toraks foto sejak agst 2008. telah di beri oleh SpP RHZE dan streptomicin sampai saat ini sekitar 8 bln, gambaran pembesaran KGB tsbt menetap. Psn tdk ada keluhan, BB naik. psn riwayat keguguran dan ditemukan anti toxonya meningkat tinggi sejak keguguran feb 08 sampai saatini (april 2009). Psn telah diberi Baktrim oleh SpPD u toxoplasmosisnya, tapi Psn berhenti menggunakan Baktrim sebelum dokter menyatakan berhenti.
    hasil CT scan toraks awal 2009 tumor mediastinum.Psn sdh disarankan biopsi KGB hilus tapi psn menolak krn alasan takut. Bagi sy yg membingungkan adalah pada toraks PA pembesaran KGB hilus tapi pada CT scan tumor mediastinum. secara klinis tidak ditemukan tanda tumor mediastinum. Saya menyarankan u melanjutkan pengobatan toxonya dengan tetap memantau pembesaran KGBnya dari toraks PA. bulan mei 09 psn sy rencanakan u toraks PA kembali u evaluasi. Mohon pendapat dr Sukma.

    Salam
    dr. Ni Wayan Sudiarni SpP.
    RSUD Tarakan Jakarta.

  2. 99
    Desi Says:

    Halo Dok…
    Thn.2000 saya pernah dites mantoux dan hasilnya positif TB KGB, wktu itu saya sudah minum obat selama 1 bulan tp tdk saya teruskan krn saya merasa telinga saya berdenging.Th.2005 saya coba periksa ke dokter spesialis paru2, tp waktu itu saya tdk tes mantoux lagi, saya hanya dirontgen & periksa LED, dr dokter saya minum obat selama 6 bulan, hasilnya benjolan di leher saya mengecil sebesar biji jagung, setelah itu saya hamil,dan skrg benjolan itu membesar lagi sebesar biji kurma, saya tdk mau dibiopsi, apakah ada cara lain selain biopsi, yang saya rasakan saat ini badan terasa ngilu, ngantuk, dan mudah capek, tp badan saya tdk kurus, saya bingung saya hrs kemana lagi ? mohon bantuannya Dok, terima kasih sebelumnya.

  3. 98
    Dr. Sukma Says:

    Halo Novi,

    Demam disertai pembesaran KGB di leher dan muskulus sternocleido mastoideus sebaiknya di CERMATI DENGAN SERIUS. Ada hal mengkhawatirkan yaitu bisa NHL, bisa juga anak sebar dari KNF atau kanker hidung.

    Sebaiknya kunjungi dokter internist yang nanti akan merujuk ke dokter spesialis PA untuk dilakukan FNAB. Hasil FNAB inilah akan mengungkap, apa sebenarya terjadi

  4. 97
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yudo,

    Saya prihatin, kemungkinan anda menderita NHL (Non Hodgkin Lymphoma)dari semua yang anda tulis. Pembesaran kelenjar getah bening berderet di leher dan bawah rahang. Namun hal ini harus dibuktikan dulu. Dan jangan cemas dulu, 2 minggu lalu saya melakukan FNAB pada 2 orang pasien dengan pembesaran multipel KGB dileher. Alhamdullilah keduanya BUKAN limfoma tetapi hanya radang TBC (limfadenitis TBC alias TBC kelenjar).

    Untuk diagnosis pasti, sebaiknya dilakukan FNAB terhadap KGB yang membesar, pilih yang paling besar dan padat konsistensinya. Dokter spesialis PA pasti dapat melakukannya.

  5. 96
    Novi Says:

    Dear dr. Sukma..

    Dok, saya 6 bulan ini ada benjolan di leher atas, persis dekat nadi,yang terasa kalau saya pegang, tapi sama sekali tidak terasa sakit. Karena suami khawatir saya ke internist dan melakukan test darah, hasilnya limfosit di atas normal. Kemudian saya melakukan CT scan leher, hasilnya di leher atas kiri dan kanan terdapat beberapa lymphadenopathia,dengan ukuran sekitar 1 cm, ada di lima tempat di leher atas, dan medialis dari muscle sternocleido-mastoideus kiri lbh besar daripada kanan. Keluhan saya sering merasa tidak enak badan, lemas dan agak demam terutama di pagi dan sore hari. Menurut dokter apakah saya menderita sakit KGB..?
    Terima kasih banyak dok.

  6. 95
    yudo Says:

    salam kenal Dr.sukma,

    sudah 1thn lebih di sekitar 2 sisi leher saya ada benjolan seperti berbaris & besarnya tidak merata dari sebesar kacang tanah sampai sebesar buah korma & kini benjolannya juga timbul di bawah rahang kanan kiri saya sebesar buah korma dan semua benjolan itu tidak sakit.
    yang saya tanyakan apakah ini kanker limfoma atau bukan karena saya pernah periksa darah & rontgent hasilnya normal, memang saya dirujuk untuk periksa ke lab rumah sakit tapi karena ketiadaan dana makanya sampai saat ini saya belum periksa,
    mohon penjelasannya dokter
    sebelum & sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    wassalam

  7. 94
    Dr. Sukma Says:

    Halo she-ta,

    Lokasi kelenjar getah bening yang membengkak pada leher bawah itu AGAK MENGKHAWATIRKAN. Bila betul lokasi dimaksud adalah supraclavicula, maka sebaiknya anda periksa ke dokter penyakit dalam. Sebaiknya ke RSUD, agar beaya ringan sesuai kondisi keuangan anda.

    Saran saya, segera diperiksakan , jangan buang waktu. Sebab biasanya pada lokasi itu berupa anak sebar tumor ganas.

  8. 93
    Dr. Sukma Says:

    Halo Riyanti,

    Diagnosis FNAB ‘limfadenitis khronik non-spesifik’ artinya peradangan kelenjar getah bening yang BUKAN disebabkan kuman TBC.

    So,nothing to worry about.. Jauh lebih mudah dan lebih cepat menyembuhkannya dibading TBC kelenjar..

  9. 92
    Dr. Sukma Says:

    Halo Amy,

    TBC kelenjar TIDAK menular, sedangkan TBC paru sangat menular.

  10. 91
    Dr. Sukma Says:

    Halo Wiwi,

    Sebaiknya periksa ke dokter onkologi/spesialis kanker. Nanti anda akan dirujuk untuk FNAB ke dokter spesialis PA.

  11. 90
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ivory,

    Saran saya sebaiknya dilakukan FNAB dulu oleh dokter spesialis PA. Nanti tergantung diagnosis yang didapat, baru akan dilakukan tindakan yang tepat dan terarah..

  12. 89
    Ivory Says:

    Dear dr. Sukma
    di lengan kanan bagian atas ada benjolan, tidak sakit, cuman tangan saya terasa berat dan cape bila diangkat. stelah cek-up ke dr ktanya lyphome rcn akan diangkat, apakah benar itu lyphome krn pemeriksaan lab hanya sebatas darah dan urine. blm ada langsung kejaringan dilab. PA klu tdk slah FNAB, tp blm dilakukan krn labnya tutup makanya aq langsung konsul ke spesialis bedah. sebenarnya aq ada ikut senam aerobik aq pkir apakah lenganku sakit krn terlalu ditarik pas senam tp lengan kiriku tdk knp2. kira2 apakah yang harus kulakukan dr. apakah aq langsung operasi pengangakatan at aq ke lab PA dlu u cek lebih lanjut ttg benjolan itu. terus terang sya takut dok..mhon infonya ya dok..terima kasih, ivory-26 thn

  13. 88
    Amy Says:

    Dok..
    Saudra sya trkena limfedynitis tb,,
    Apakah it menular sma sperti tbc paru?

  14. 87
    wiwi Says:

    Dear Dr. Sukma,

    Dok kemarin malam saya br tau kalau dileher bag. belakang saya ada 1 benjolan sebesar kelereng & dibawah dagu bag. kanan ada 1 benjolan kecil. benjolan tsb tdk terasa sakit. Dok, apa saya menderita Limfoma. saya cemas sekali krn mama meninggal jg krn kanker. usia saya 25 tahun.
    misalkan saya periksa ke Dr, apakah check ke Dr. specialist THT atau Dr. specialist kanker yah Dok!
    misalkan saya memilih cek darah saja, apakah bisa ketahuan penyakit saya itu Dok?

    Terima kasih,

    Wiwi

  15. 86
    Riyanti Says:

    Salam kenal dr,
    Saya wanita 24th..di leher belakang saya,pangkal rambut tepatnya tdapat benjolan.saya sudah FNAB dan hasil scr mikroskopik menunjukkan sebaran sel limfoid beradang menahun.dan kesimpulannya LYMPHADENITIS CHRONIS,NON SPESIFIK.apakah artinya hasil FNAB saya dr?apakah itu TBC kelenjar?apakah menular?bisakah sembuh total dr?sy sangat khawatir,shg sy kehilangan nafsu makan.sy sudah menikah,dan sangat menginginkan keturunan..sy sangat butuh saran dari dr..terima kasih sekali atas bantuan dr. Sukma.

  16. 85
    she-ta Says:

    Dear Dr. Sukma,
    hampir 1 thn ada benjolan di leher bagian bwh sblh kiri saya,wkt memeriksaknnya, saya divonis menderita kelenjar getah bening ,tdk brbahaya ttp hrs dioperasi scptny,permslhnya saya tdk mempunyai biaya untuk operasi.
    bbrp hari yang lalu,temannya teman saya yang jg menderita KGB,hanya meminum antibiotik dr dokter, dan benjolannya kempes, yang saya ingin tanyakan apa nama antibiotik tsb? bgaimana dg dosisnya?(saya tdk mmliki alergi thp obat ttt).
    Trima kasih yang sbesar-besarnya bila kiranya Dokter mau menolong saya dgn manjawab pertanyaan saya.

  17. 84
    Dr. Sukma Says:

    Halo Deddy,

    Jangan cemas. Benjolan diketiak bayi usia 5 bulan biasanya akibat vaksinasi BCG. Dan disebut BCG-itis.

    Tidak berbahaya, namun sebaiknya anda kunjungi dokter Spesialis Anak, agar diberikan obat. Atau bila benjolan kemerahan dan seperti bisul mau pecah, ada baiknya di incisie atau dikeluarkan nanah didalamnya.

  18. 83
    deddy Says:

    siang dok.saya mau tanya,putra saya berumur 5 bln.diketiakny ada benjolan sebesar kelereng kalo dipegang bs bergerak,tp dia tidak mrskan sakit,kira2 itu tumor atw apa ya dok.terusterang saya takut.dan ini putra pertama saya.tolong dok kasih penjelesan atw kemana mesti saya bawa untuk periksa.kalau dokter tidak keberatan tlg sms saya keno:085885221415 atw 02136499404.saya sangat butuh keterangan dari dokter. terima kasih yg sebesar-besarnya hormat saya

    deddy

  19. 82
    Dr. Sukma Says:

    Halo Andy Miu,

    Tuberkulosis alias TBC itu adalah peradangan disebabkan kuman TBC. Jadi BUKAN rokok. Asap rokok akan memperburuk ventilasi paru anda dan nikotin MENURUNKAN daya tahan tubuh.

    TBC kelenjar disebabkan kuman TBC yang terjaring pada kelenjar getah bening (KGB). Dan KGB adalah pabrik pembuat sel darah putih/limfosit, kalau diibaratkan sebagai tentara yang berfungsi melawan setiap penyusup dari luar. Jadi kuman TBC itu terperangkap diasrama tentara, belum sampai menginfeksi paru anda.

    Dengan mengurangi rokok, sangat BAGUS, karena anda telah memperbaiki ventilasi paru dan juga menaikkan daya tahan tubuh anda.

    Pada penderita TBC TIDAK ADA PANTANGAN MAKANAN. Karena timbulnya penyakit tidak berhubungan dengan makanan. Justru dianjurkan makan apa saja yang disukai, terutama yang bergizi tinggi agar memepercepat penyembuhan.

  20. 81
    andy miu Says:

    salam dok,
    saya perokok.
    saya ingin menanyakan. saya terkena tbc kelenjar dan harus memakan obat 9 bulan.
    yang saya ingin benar-benar tau,
    saya sudah tanya dokter saya, apa saya terkena tbc ini karna sya perokok? dkter saya bilang tidak juga, paru-paru saya bagus setelah di rontgen.
    sebenarnya karna rokok bukan yah dok?
    yg ke 2.
    sekarang saya sudah benar2 mengurangi kadar rokok saya,
    sehari hanya 3 batang, apa itu masih boleh dok meski saya dalam proses 9bln perawatan?
    yg ke 3.
    ada pantangan makan tidak dok? goreng-gorengan mungkin?
    es? atau apa dok?

    terimakasih banyak jika dokter segera membalas pertanyaan saya.
    karna dokter yang menanangani saya orangnya kebanyakan diam.
    trims dok sekali lg.

  21. 80
    Dr. Sukma Says:

    Hai Uci,

    Tergantung besarnya kelenjar getah bening yang terkena TBC. Bila kecil (kurang dari 1 cm), cukup minum obat selama 6 bulan, lalu re-evaluasi.

    Bila kelenjar berdiameter 2 cm keatas, sebaiknya diangkat untuk konfirmasi atau diagnosis pasti. Bila betul TBC kelenjar, maka dilanjutkan dengan terapi OAT, obat anti-TBC. Bila bukan TBC, akan ditangani sesuai diagnosis terakhir ini.

  22. 79
    uci Says:

    Dok, setelah menjalani test darah dan rontgen saya divonis dokter dr poli paru bahwa saya terkena TB Kelenjar. Kemudian dokter saya menyarankan untuk dioperasi saja atau kalau saya tidak mau bisa denga meminum obat selama 6bln. Yg mau saya tanyakan apa benar apa yg disarankan oleh dokter saya itu? Pilihan mana yg harus saya ambil? Sehubungan dengan ini saya sudah tidak aktif kuliah selama 2 mggu,,,sehingga saya benar-benar butuh saran dan penjelasan dari dokter secepatnya. Terima kasih banyak dok sebelumnya.

  23. 78
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nn,

    Limphadenitis TBC, artinya TBC kelenjar. Jelas beda dengan TBC paru dalam arti lokasi berbeda. TBC kelenjar TIDAK MESTI menderita TBC paru.

    Terapi minimal 6 bulan, secara rutin dan teratur. Bila bolong-bolong jadi drop-out pengobatan itu, sehingga ngulang lagi dari awal. Dan juga bila minum obat tidak teratur dan drop-out, kemungkinan akan terjadi RESISTENSI OBAT. Artinya penyakit itu sudah tidak mempan lagi dengan obat standard yang diberikan . Jadi merepotkan dan juga memberatkan dari segi beaya.

    Pada umumnya dengan OAT, obat anti-tuberkulosis, penderita akan terlihat lebih montok/ menambah BB.

  24. 77
    Dr. Sukma Says:

    Halo Titin,

    Saya tidak mengerti kenapa anda rutin cuci darah? Apakah terdapat gangguan ginjal khronis? Berikutnya kenapa anda menjalani khemoterapi? Apakah anda pengidap kanker somewhere in your body?

    Jadi saya belum bisa menjawab pertanyaan anda.

  25. 76
    Dr. Sukma Says:

    Hai Monica Anggraeni,

    Ikhtiar dan usaha boleh-boleh saja. Namun saya kurang familiar dengan daun mengkudu. akan tetapi saya tahu buah mengkudu mengandun anti-oxidant. Jadi sebaiknya dicoba.

    Pada penderita usia 55 tahun, bila diberikan khemoterapi rasanya terlalu berat efek sampingnya.

Pages: « 43 … 7 6 5 [4] 3 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe