PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 42 41 [40] 39 38 37 … 1 » Show All

  1. 1000
    Nanik Says:

    Dear dokter

    Anak saya, umur 1 thn 9 bulan, memiliki 1 benjolan keras di belakang telinga kanan sebesar biji kedelai dan 2 benjolan lain di leher. Saya sudah mengunjungi spesialis bedah anak dan disarankan untuk biopsi dng diagnosa limfadenopati coli. Tes darah lengkap sudah dilakukan dan hasilnya yg abnormal adalah limfosit (56).
    Foto thorax Ap juga sudah dilakukan, dng hasil parenkim paru tdk jelas tampak infiltraat, corakan bronchovascular di hili agak kasar, hili tidak jelas melebar dan kesan : corakan bronchitis.
    Perlu diketahui, sekitar umur satu tahun anak saya pernah dirawat dengan diagnosa bronchophenumia.
    YG ingin saya tanyakan :
    1. Apakah proses biopsi aman untuk seusia anak saya? dan apakah urgent untuk segera dilakukan? apa efek sampingnya?
    2. Dari hasil lab dan ronsen, serta riwayat kesehatan anak saya, menurut dokter apa yg menyebabkan benjolan itu?

    Thanks a lot for your answer.

  2. 999
    febrina sovia Says:

    selamat malam dok
    Saya mau bertanya apakah
    Penyebab menstruasi itu tidak teratur . . . ? ? ?

  3. 998
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ara,

    Benar, benjoln dipaha anda yg lembek itu harus diangkat. Dugaan saya suatu tumor jinak dg komponen saraf dan jringan mesenkhim yg disebut Neurofibroma.. Kalau tertekan atau ditekan, akan terasa sakit. So, kunjungi dokter bedah umum dan jaringan yg diangkat/f operasi tsb diperiksakan secara hisstopatologis oleh dokter spesialis PA (patologi anatomik).

  4. 997
    ara Says:

    sore dok,
    mau tanya, diselangkang paha kiri saya tumbuh daging, yg spt mengantung. sebelumnya kecil. tapi sekarang makin besar, sebesar jempol org dewasa, tidak keras, lembek.
    itu apa ya dok??. apa perlu diangkat??
    emang sih krn kondisi makin besar, sering terasa sakit, karena kejepit oleh pakaian dalam atau pakaian luar.
    mohon informasi dokter. terima kasih sebelumnya

  5. 996
    aisha Says:

    selamat siang dok..
    mau tanya,
    dok temen saya sering ngeluh….
    katanya di bawah ketiak ada benjolan kecil yang tidak terlihat tetapi terkadang nyeri dan mengeluarkan cairan yang kurang sedap…..
    yang saya tanyakan apa itu termasuk tumor atau penyakit lain………..dok
    terimakasih

  6. 995
    Yue Says:

    it sounds bad yeah?
    But I think u said right, I gotta observe…
    I lil’ bit scare actually :(

    but anyway I just can say thank to you doc for this good suggestions, nice to meet you doc

  7. 994
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yue,

    You better just observe the lump in ur neck. And nothing else, just observe.. When it grows fast, then u have to visit ENT, to be checked and seen what lump might be. If the diameter 1 cm or more, then it should be biopsied/ fine needle aspiration biopsy (fnab).

    Dari hasil pem fnab tergantung apa hasilnya, maka mungkin cukup diberi obat atau dilakukan operasi mengangkat benjolan tsb.

  8. 993
    Yue Says:

    Dear doc,

    thank God for I find this blog, salam kenal dokter Sukma, saya berumur 23th, smenjak bberapa hari lalu sy lihat dileher bag. atas tepatnya diatas jakun sdikit kekanan terlihat benjolan kecil yg tadinya tdk pernah ada, beberapa hr ini saya juga merasa lesu, pegal di skitar leher.

    Bersamaan dng itu di pipi kanan bag. bawah ada bentol2 merah sdkt gatal, sy kira herpes tapi sepertinya tidak ada tanda2 herpes.

    Kira2 kduanya ini penyakit apa dok? Smoga sya tdk terlalu terlambt coz I am worry ’bout it. Replay me soon,thank doc for your attention.

  9. 992
    inda evelym Says:

    Slmt malam dok,aku mw nanya gmm komppsisi darah rutin seseorg yg terkena kanker getah bening? Trmksh sblomnya dok.

  10. 991
    meika Says:

    assalamu’alaykum,,
    dok,pembesaran kelenjargetah bening it ap?dan bhyanya itu apa?

  11. 990
    Dr. Sukma Says:

    Hai Hayyu,

    Sepertinya kondisi organ hati/ liver ayahanda sudah berat kemungkinan sudah sirosis dengan adanya keluhan muntah darah
    Apalagi bila disertai BAB yg berdarah pula. Kalau sudah demikian, biasanya satu2nya terapi adalah transplantasi/ cangkok hati. Di Indonesia belum ada yg bisa sy rekomendasikan, karena RSCM baru tahap akan memulai program cangkok organ.

    Jadi plg dekat di Singapore/ Glen Eagles Hospital dimana Setiawan Jody melakukan cangkok hati. Bisa juga ke China/ Guang Zou tempat pak Dahlan Iskan melakukan cangkok hati..

  12. 989
    Hayyu Says:

    Malam, Dokter. Terima kasih sebelunya.
    Ayah saya punya keluhan penyakit dalam terutama pada Limpa yang agak membesar dan juga parises lambung. Umur Ayah saya 45th. Menurut medis mulanya ayah saya kena hipatitis B tahun 2010 lalu. Hari ini Ayah saya baru keluar dari RSMH PLG setelah 1 bulan dirawat.Padahal 5 hari sebelum ayah saya baru saja pulang dr RS. Kalau lagi kambuh, Ayah saya mengeluarkan darah pada saat BAB dan waktu muntah, sehingga mengharuskan menerima darah sampai belasan kantong.
    Pertanyaan saya Dok, bagaimana solusi terbaik untuk penyakit ayah saya ini. Karena untuk tahun 2011 kemarin saja sudah 4 kali keluar masuk RS. selain itu, adakah nama dokter yg bisa Dokter ajukan untuk menangani masalah penyakit ayah saya ini? dan bagusnya d RS mana Dok? Terima kasih banyak Dok sebelumnya.

  13. 988
    mochamad nurali Says:

    dok,ini saya menderita ada benjolan pada pangkal leher,tepatnya pada bahu kiri,bila ditekan skit,dan smakin hari smakin membesar,atas informasi solusinya saya ucapkan terimakasih dok.

  14. 987
    Dani Says:

    Selamat malam Dok…. saya Dani, Mahasiswa. umur 18 Tahun…
    2 tahun sebelumnya saya pernah Operasi Kelenjar di DAGU saya, tapi sekarang kambuh lagi… muncul benjolan lagi… bagaimana Dok solusinya? saya ingin sembuh total, untuk Masa Depanku…. uang minim…. saya mahasiswa Ikatan Dinas (sekolah yg gratis). mohon solusinya… Terimakasih

  15. 986
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ade RW,

    Sebaiknya anda ditangani dokter SpTHT. Dari apa yg anda tulis, dicurigai adanya kanker hidung atau karsinoma Nasofaring (KNF).

  16. 985
    ade rahmi wahyuni Says:

    sore dok
    Saya kena pembengkakan kelenjar getah bening hasil MRI:
    *pembesaran kelenjar didaerah submandibula sisi kanan,ukuran 1,8x 1,2x 1,3cm
    *terdeteksi lymph node dipostrerior colli sisi kanan ukuran 7,9 x1,1x 1,2cm & 1,51x 1,2x 1,2cm
    *Penebalan didaerah nasopharynx,dg obliterasi rosseenmuller kanan kiri-curiga massa nasopharynx
    Maksud hasil MRI diatas apa?

  17. 984
    yesita Says:

    Dear Dr. Sukma,

    Dok, apakah lymphadenitis tuberculosa caseosa menular?

    karena setahu saya yang menular itu tbc pada paru-paru.

    mohon informasinya lebih lanjut. terima kasih.

  18. 983
    evy Says:

    Dokter sdh 3 minggu ini ada benjolan d leher kanan saya.. sy konsultasi ke dokter umum katanya cm benjolan biasa di kasih obat CEFSPAN DAN NUTRIFLAM,U 5 hari tetapi tidak ada perubahan,disarankan tmen sy k dokter bedah umum.Dokter bedah umum tanpa periksa lngsung memvonis sy TBC,jujur sy kaget (pdhl tidak ada tanda2 sy tbc sprti penurunan berat badan,batuk lama,selera mkn berkurang)alhamdulilah sy sehat hanya sekali2 asma saya kambuh.oleh dokter bedah umum sy di berikan obat yg sama,dan di ksh pengantar ke dokter SP,PA.. disana di ambil sample u lab pd benjolan tersebut.yg sy lht isi benolan itu nanah dan darah.. hr ini sy akan ambil hasil lab tsb.. tp dokter SP PA menyarankan sy balik ke dokter bedah untuk mngetahui hasil dr lab tsb..sy mohon bantuan dokter seeebaiknya saya kmana stlh ambil hsil tes lab tsb.. sy sangat awam dan keuangan sy terbatas.. mohon jwb ya dokter..

  19. 982
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nida,

    Senang membaca bhwa anda juga alumni Unpad. Kapan main ke Pekanbaru ? Ditunggu ya

  20. 981
    nida sufrida Says:

    Asswrwbb.apa kabar dok.perkenalkan saya nida dok ,saya tugas di batam dok.saya lulusan PA Unpad. Dokter Sukma di pekanbaru? InyaALLAH klo ke pekanbaru kitabisa. Ketemu ya dok.

  21. 980
    nida sufrida Says:

    Asswrbb,apa kabar dok? Salam kenal , saya nida patolog baru lulusan unpad.saya tugas di batam dok saya dapat info temen dari jambi dr.fairuz bahwa dokter sukma jg patolog dari unpad.terimakasih

  22. 979
    bernike Says:

    hi dokter..
    sy (24th) mau tny.. di pangkal paha (lipatan) saya muncul benjolan kecil (sebesar kacang tanah) di bawah kulit.. kalo diraba bisa pindah2.. ga terasa sakit sama sekali.. kaki sy jg ga ada luka (yg ada cm memar karna terbentur).. kira itu apa ya dok?
    trimakasih..

  23. 978
    desi nurvita Says:

    sore dok..

    saya mw tanya.
    hri ini saya baru saja kRSU .
    cek bnjolan saya yg ada diketiak ke bagian phatologi.
    dan hasilnya keluar kalau benjolan ini mammae aberantes.
    yg mau saya tanyakn, apakah ini termasuk golongan kanker atau tumor dok?
    saya mmpunyai bnjolan ini sudah dari smp. sekitar 7tahunan yg lalu. tapi segini2 saja besarnya.

    terima kasih.

  24. 977
    wulan Says:

    hi dok,
    aku wulan,bundaku mnderita skit jntung n ada kelenjar di lehernya.bunda sering sesak nafas n skit kepala dok..aku gag tau pnyakit apa itu,
    pd saat bunda mau d operasi kelenjarnya,trnyata jantungnya tidak mndukung.
    aku gag tau apa yg hrus aku lakukan dok,
    sebenarnya penyakit apa sih yg diderita bundaku ? apa bundaku bisa sembuh dok ???? obat tradisional dan makanan apa yang bisa mnyembuhkan bundaku ?
    tolong jawab ya dok, aku pengen bundaku sembuh total… trimakasih sblmnya.

  25. 976
    sonya Says:

    mt siang dok,
    saya 32 thn,di payudara saya ada benjolan yg cukup besar, terasa nyeri,terasa hangat.setelah di biopsi FNAB, hasilnya : mastitis TBC dengan infeksi sekunder.saya teratur minum obat semenjak 5 september 2011.sy disuruh minum obat selama 6 bulan. obat yg diberikan dokter yi : rifampicin 600 mg 1×1, ethambutanol 500mg 2×1, INH 300 mg 2×1.
    Skrg saya berada di kota X, disini tdk ada dokter spesialis yg dapat menangani penyakit ini.di payudara sy timbul seperti bisul,ada 2 buah,dan ke-2 nya baru saja pecah.sy panik dan ke RS, namun hy diberikan antibiotik.yg mau sy tanyakan,,bgm penanganan bisul ini dok?apa bisulnya kan timbul terus selama 6 bulan ini?makasih buat waktu dokter membalas keluhan saya..

Pages: « 43 42 41 [40] 39 38 37 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe