PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 … 8 7 6 [5] 4 3 2 … 1 » Show All

  1. 125
    Nuri Says:

    Mudh2an dokter mau menolong saya dengan menjawb pertanyaan saya, karna saya ingin sekali segera punya baby. Tetapi saya takut sekali, dokter saya bilang penyakit “TBC Kulit” ini akan membawa kecacatan/kelainan pada anak.

    Apa itu benar Dok,?

    Saya sangat menunggu jawaban Ibu Dokter.

    Saya Nuri,
    Terimakasih

  2. 124
    Nuri Says:

    Mlm Dok,

    Saya harap dokter menyempatkan untuk menjwb pertnyaan saya.

    Terimakasih byk atas waktunya.

  3. 123
    Dr. Sukma Says:

    Halo Imal,

    Ibu anda terkena KKGB stadium 3B. Karena stadium sudah lanjut, maka yang dapat membantu meningkatkan stamina dan memerangi kanker yang ada, sbb :
    1. Konsumsi banyak anti-oxidan,seperti: broccoli, tomat.
    2. Tenangkan pikiran dengan melakukan latihan nafas panjang, agar semua impuls persarafan baik jalannya.
    3. Selalu berpikir positif-jangan pernah menyerah- bahwa dengan ridho Yang Diatas, kanker ini dapat disembuhkan.
    4. Jauhi rokok, bahan kimia : perasa, pengawet makanan, dst dan ‘junk’ food.
    5. Istirahat yang cukup (tidur malam 8 jam).

  4. 122
    Dr. Sukma Says:

    Hai Airin,

    Ibu anda sepertinya menderita Raynauld Disease. Yaitu penyempitan pembuluh darah pada tangan yang disebabkan merokok dalam waktu lama.Terjadi kesemutan, dst akibat suplai darah ke bagisn itu tidak mencukupi akibat pembuluh darah yang sempit.

    Keluhan dibagian lain saya kira hanya sebagai penyerta. Sebaiknya ibunda dibawa ke dokter penyakit dalam agar diperiksa teliti, sekalian lab bila perlu.

  5. 121
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dian,

    Rata2 pasien gangguan pada kelenjar getah bening (KGB) keluhannya sama seperti yang anda tulis. Yaitu benjolan yang tidak dirasa sakit dan tidak mengganggu.Karena itu, pasien gangguan KGB biasanya datang ke dokter agak terlambat, yaitu ukuran sudah besar dan mulai terjadi gangguan seperti : leher sakit untukmenoleh, sesak nafas atau susah /terganggu menelan, dst.

    Saran saya sebaiknya anda SEGERA kunjungi dokter penyakit dalam agar dirujuk ke spesialis PA untuk FNAB. Agar jelas diagnosisnya, sehingga terapi terarah.

  6. 120
    ayesha Says:

    malem dok,saya ayesha..mw nanya ni..
    kk saya umur 23 thn,perempuan,tidak mepunyai penyakit turunan.
    keluhannya ada benjolan di daerah axilla dekster.benjolan tersebut kadang2 membesar tetapi ketika dirapatkan akan terasa mengganjal, rasa sakit dan ngilu hingga ke bagian bawah axilla dan ketika mengalami ngilu yang berlebih akan terasa hingga mammae.
    pada saat usia 16 thn pernah kontroldan hasil RO: tampak lemak subcutan yang bercorak hyperekoik, tak jelas batas2 tepinya θ ± 12×5 mm berlokasi di subcutan fat axilla kanan (pada daerah teraba nodul). pengamatan dengan doppler menunjukan adanya peningkatan vaskuler di area sekitarnya.kesan suspek “seborrhoid” infection di axilla kanan θ ± 12×5 mm.

    yang ingin saya tanyakan:
    1.benjolan tersebut disebabkan oleh apa?
    2.apakah bisa disembuhkan?
    3.ini termasuk penyakit apa?
    4.apakah akan menimbulkan komplikasi yang lain?
    5.seborrhoid itu apa?

    thx a lot y dok..

    salam,

  7. 119
    Nuri Says:

    Salam kenal Bu Dokter…

    Saya Nuri (23th), dulu waktu SMP sya pernah sakit kelenjar getah bening kalo dokter saya bilang “TBC Kulit”
    dan pengobatan saya tidak tuntas. Akhirnya sakit itu timbul kembali setelah saya kuliah dan Alhamdulillah pengobatan tuntas tetapi tidak ada hasil akhir dari dokter. Yang saya mau tanyakan:

    1. Bagaimana caranya biar saya tahu kalo penyakit ini sudah tuntas (sudah tidak ada dalam tubuh saya), kalopun harus di LAB saya harus di LAB apa?

    2. Berapa jangka waktunya kalo penyakit ini akan timbul kembali jika pengobatan tidak tuntas?

    3. Dok, apakah benar penyaik “TBC kulit” ini akan membawa kecacatan/kelainan pada anak yg akan kita lahirkan?

    Terimakasih atas waktu dan jawabannya.

    Salam,

    Nuri

  8. 118
    Site Says:

    Dok, bagaimana caranya agar penyakit TBC getah bening ini tidak timbul kembali?

  9. 117
    Nur Says:

    Oh iya dok kalo di LAB, saya harus bilang LAB untuk apa?

    Trimakasih,

  10. 116
    Nur Says:

    Ass bu Dokter,

    Dok…dulu saya sempat mempunyi penyakit kelenjar getah bening atau dokter saya bilang “TBC kulit”.
    Saya udah dua kali terkena penyakit ini, pengobatan pertama saya tidak tuntas dan yang ke dua Alhamdulillah sya udh pengobatan tuntas selama 6 bulan. Yang saya akan tanyakan:

    1. Jika pengobatan itu tidak tuntas maka jangka waktunya berapa lama penyakit itu akan timbul lagi?

    2. Bagaimana caranya biar saya tahu bahwa penyakit kelenjar getah bening ini sudah tidak ada di dalam tubuh saya, atau dengan cara LAB atau bagaimana?

    3. Dok, apakah benar jika seorang wanita yang menderita TBC kulit/kelenjar getah bening ini akan membawa kecacatan atau kelainan pada anak?

    Terimakasih Dok,

    Saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter.

    Wass.

  11. 115
    nn Says:

    Dokter, sy punya benjolan di leher kiri dan di belakang telinga kanan pd wktu sehat benjolan trsebut tdk sakit tapi pd waktu down atau lelah sering terasa nyeri saya prnah periksa namun tdk dijelaskan benjolan apa itu dan hanya diberi obat yg saya tdk tau fungsinya mohon penjelasannya dok.

  12. 114
    Imal Says:

    Dear Bu Dokter…

    Ibu saya terkena serangan Kanker Getah Bening Stadium 3B, Saya minta sarannya cara hidup yg baik untuk penyembuhan ibu saya hrs gmana dari cara makanan & minuman nya sehari-hari sebaiknya utk membantu proses penyembuhan & menambah daya fisiknya harus apa bu dokter?

    Terima Kasih

  13. 113
    airin Says:

    Oh ia dok, saya lupa bilang bahwa ibu saya juga ada kelenjar di bagian leher, tepatnya di rahang.
    tapi sekarang kelenjar itu sudah hilang dengan sendirinya.

  14. 112
    airin Says:

    Dok,
    ibu saya merokok sudah dari SMA dan sekarang beliau berusia 49 hampir 50. Ibu saya bilang kalau beliau sehat selama ini. Itupun sudah dibuktikan dengan check up di rumah sakit. Dan memang ternyata tidak ada sama sekali penyakit. Kolesterol baik, asam urat juga baik. 2-3 minggu lalu, Ibu saya akhirnya mau berhenti merokok. Namun badannya sekarang sering kesemutan dan kaku apalagi dibagian jari2 tangan. Malah beliau malas untuk bergerak karna badannya ngilu semua. Sebenarnya beliau sudah kesemutan sbelum berhenti merokok, tapi setelah berhenti, kesemutan itupun makin parah ditambah kaku dan rasa ngilu. Katanya rasa ngilu itu ada dibagian bawah dada dan Ibu saya inginnya dipijit terus agar rasa itu hilang.

    Dok, Saya ingin bertanya,
    kenapa rasa ngilu, kaku serta kesemutan itu datang? apakah itu gejala2 kanker limfoma?
    apakah rasa itu akan hilang dengan sendirinya nanti? bagaimana caranya rasa itu hilang?

    mohon penjelasannya dok.
    terima kasih.

  15. 111
    dian Says:

    bu dokter, apakah setiap benjolan di leher dapat dipastikan sebagai kelenjar getah bening? umur saya 23 thn, punya benjolan di leher bagian kiri, tapi benjolan itu sama sekali tidak mengganggu dan tidak sakit.

  16. 110
    Dr. Sukma Says:

    Halo Andi (post 108),

    Saya ini perempuan, BUKAN pak dokter tapi bu dokter.
    Sebaiknya anda datang ke dokter penyakit dalam untuk diperiksa teliti. Nanti internist akan MERUJUK anda ke dokter spesialis PA untuk dilakukan FNAB.

  17. 109
    Dr. Sukma Says:

    Halo kolega Sudiarni,

    Maaf saya terlambat membalas pertanyaan anda.Waktu saya untuk internet terkadang sangat sempit malah tidak ada. Sehingga gampang terjadi pertanyaan yang di’skip’ belum terjawab.

    OK. Pendapat saya bisa jadi sudah ada tumor mediastinum, yang pada pemeriksaan radiologis postero-anterior belum terlihat jelas. Sedangkan dengan CT-scan sudah terlihat karena slicing yang sedemikian tipis dan sensitif.

    Mungkin sebaiknya ditunggu sampai bulan Mei ini seperti rencana terapi anda, sambil memantau apakah penderita menjadi sesak atau tidak. Bila sesak, sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus, guided by radiologist pada tumor mediastinum tsb.

    Prosedur FNAB pada kasus seperti ini, sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan dipandu radiologist yang handal. Saya pernah 2 (dua) kali melakukan kasus serupa pada pasien anak di RSAB Harapan Kita, Jakarta. Keduanya ternyata Limfoma (NHL) jenis Lymphoblastic. Penderita diberikan khemoterapi dan berhasil sembuh dengan baik ditangani pediatric hematologist yang berpengalaman.

  18. 108
    Andi Says:

    Pak dokter,saya mempunyai benjolan di leher sebelah kanan saya dan benjolan yg lebih kecil di sisi sebelah kiri. Saya ingin memeriksakan diri saya ke dokter, tetapi saya bingung harus ke dokter apa, apakah itu dr.umum, penyakit dalam, THT, orthopedik, kulit atau lainnya. Terimakasih.

  19. 107
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ibnu,

    Pendapat saya anda menderita lymphadenitis TBC. Sekarang banyak TBC kelenjar memberikan gambaran klinis seperti yang anda tulis. Sehingga terkadang menyerupai gambaran klinis lymphoma.

    Ada beberapa kasus yang saya dapatkan seperti itu. Biasanya saya anjurkan untuk di angkat/operasi dulu untuk kepastian diagnosis. Setelah itu baru dilanjutkan dengan terapi obat anti tuberkulosis(OAT).

  20. 106
    iwan gunawan Says:

    salam kenal bu sukma…
    orang tua laki-laki saya mempunyai keluahan dileher.
    jngkan buat makan sekedar untuk minum pun katanya sakit
    sekali.setelah berobat ke dokter ternyata penyakit ayah
    saya leukimia.
    yang jadi pertanyaan saya apakah penyakit leukimia dapat disembuhkan?
    tolong balas bu sukma….

  21. 105
    amir Says:

    salam dokter, saya mempunyai kelenjar pada leher dan merasa keganggu setiap saya bekerja saya mohon arahan bagaimana menghilangkan kelenjar atau kulit seperti benjol dan kalau mata ikan pada kepala saya mohon dokter memberikan arahan kepada saya

  22. 104
    asty Says:

    Dear dokter…..
    Bbrp waktu yg lalu suami sy mengeluh klw di lehernya ada benjolan tp terasa nyeri klw dipegang. Dan suami sy jg blg klw gusinya yg bgan dpn skt,spt bengkak. Sy tdk tau apa ini pengaruh dr benjolah di leher ato bkn tp yg jls rs skt ini muncul hampir bersamaan. Apa ini termasuk KGB yha???Mohon penjelasannya ya dok, makasih sebelumnya

  23. 103
    riyanti Says:

    dr sukma YTh,

    kemarin saya pernah berkonsultasi pada dokter..kalo saya ada benjolan di leher dan dinyatakan lymphadenitis chronis non spesifik.saya diberi obat cefspan, kaltrofen dan postovit..tapi setelah 2 minggu benjolan masih ada tetapi ada pengurangan sedikit..terkadang kecil terkadang membesar lagi…dr. bedah saya mengatakan,kalo 2 minggu tidak hilang..saya harus operasi..sedangkan keluarga saya tidak memperbolehkan..adakah cara lain dr????seperti alternatif???sebenarnya saya sakit apa ya dr?terima kasih banyak

  24. 102
    ibnu Says:

    dokter sukma,,beberapa kelenjar dibelakan leher sya mengecil hingga sbebesar bentolan biasa benjolan dileher saya terdapat dibawah rahang saya,,terima kasihi atas perhatianya saya tunggu jawabanya

  25. 101
    ibnu Says:

    dok saya mahasiswa berumur 20 sekitar 3 minggu ini saya menderita benjolan di bawah leher saya dan beberapa dibelakang leher saya,,dokter memberi saya obat nonflamin dan baquinor benjolan dibelakang leher saya berangsur mengcil namun yang dileher tetap sekitar 4 cm namun tersa lembek dan tidak keras seperti pertama kali..dokter menyarankAN UNTUK DIOPERASI,,UNTUK MENGAMBIL SAMPEL,,diagnosis awal memang tbc kelenjar namun saya cemas ini adalah kanker getah bening,,apa yang sya harus lakukan???apa diagnosis dokter???
    oh ya saya juga punya riwayat sering berinteraksi dengan pegawai ayah saya yang punya penyakit tbc

Pages: « 43 … 8 7 6 [5] 4 3 2 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe