PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 … 9 8 7 [6] 5 4 3 … 1 » Show All

  1. 150
    yelly - cirebon Says:

    Dok, tmn sy slh 1 pnderita kanker klnjar getah bening, apakah sdh parah jka d vonis harapan hdupnya hnya 1 thn lg???????? tlg sy dok, sy tdk ingin itu trjdi krna sy sngt mnyayanginya dok..
    & obat apa itu APTX-45.2 ? apa kgunaan & efek sampingnya??
    tlg dok krimkan pnjelasan mngenai pnyakit & obat itu ke alamat email sy…
    yelly_suryani@yahoo.co.id
    atau melalui 085295721872
    terima kasih ya dok,,,,,

  2. 149
    vinna Says:

    Dokter mau tanya, 3 minggu yg lalu sy pernah sakit tenggorokan susah nelen, lalu tidak lama sembuh. Setelah beberapa lama sakit leher itu datang lagi dan menjadi batuk, pd saat itu barulah sy sadar ada benjolan di leher sebelah kanan ada 2 menurut hasil usg..sy sudah periksa ke dokter internis, dan harus melakukan tes darah dan rongten, hasil nya normal leukosit juga dalam batas normal, hanya pada tes urine ada jumlah leukosit yg meningkat angka 500, sdgkan nilai rujukan negativ. Sy menggunakan 2 dokter internis u perbandingan, dan dokter internis yg satunya lagi menyuntikan ke tangan sy, ktnya kalau dalam 3 hari bengkak merah n gatal artinya sy positif kena tbc kelenjar, tp hari pertama tidak terjadi apa2.malah saya demam meriang, tidak bisa tidur.

    Yang mau sy tanyakan sebenarnya sy sakit apa?

    Apa ada kemungkinan kanker darah itu? Tp kan hasil lab semua normal.

    Jadwal ke dokter sy 2 hari lagi, dan dokter hanya memberi obat penghilang dahak n obat batuk.

    Dear dokter any advise? Many thx,

  3. 148
    ian Says:

    dok…saya mengalmai pembengkan kelenjar di leher, dari hasil pemeriksaan, kata dokter tbc kelenjar dan saya harus minum obat slama 6 bulan – 9 bulan…yang mau saya tanyakan apakah setelah mengonsumsi obat tbc yang dapat menyebebkan gangguan fungsi hati,saya harus makan obat pemulihan fungisi hati setelah mengonsumsi obat tbc slama 6 bulan tersaebut? terimakasih

  4. 147
    Yudie Says:

    Dokter,

    Numpang tanya.

    Mama saya ada benjolan di lutut kiri dan kanan, sikut kiri dan kanan, dan di leher. Benjolan sebesar kelereng seperti bisul tetapi tidak ada mata-nya. Sakit jika benjolan ditekan. Benjolan sudah ada 2 minggu, dan kami kuatir benjolan ini berbahaya. Benjolan muncul tidak dalam waktu bersamaan.

    Apakah ini termasuk gejala Limfoma ? Bagaimana cara kami mengetahui apakah benjolan ini termasuk limfoma atau bukan ? Apakah benjolan pada Limfoma akan terasa sakit jika ditekan ?

    Terima kasih dan ditunggu pencerahannya.

  5. 146
    Dr. Sukma Says:

    Halo Novra,

    Sepintas lalu dari apa yang anda tulis saya cenderung kemungkinan besar limfoma. Tapi bisa juga karena radang TBC. Untuk kepastiannya, sebaiknya dilakukan FNAB oleh dokter spesialis PA, OK.

  6. 145
    novra Says:

    dok saya mau tanya …………….
    tetangga saya akhir2 ini menggelu kepada saya katanya dibagian lehernya, kalau dibuat makan terasa sakit nd disitu terdapat benjolan2 seperti daging yang tumbuh liar. dok aq mohon kepada dogter untuk menjelaskan kepada saya apa penyakit tersebut??????????

  7. 144
    fitria gusti Says:

    halo dr. sukama merati saya fitria. saya memohon atas informasi nya atas penyakit yang saya derita 7 tahun belakangan ini. saya menderita penyakit Kanker getah bening dan itupun saya tau setelah usia kanker tersebut 6 tahun. saya tau itu KGB karena selama ini saya tidak pernah percaya dengan pengobatan dokter, jadi saya hanya pergi ke alternaitf, tapi setelah di cek ke dokter dan di periksa ke labor ternyata posiitf KGB. selama ini saya menderita stroke kecil-kecilan dalam artian saya, organ tubuh saya (bagian kanan) sudah tidak berfungsi sebagai mana mestinya, rasa nyeri, sakit, itu sudah tidak pernah saya rasakan lagi sejak saya mendapat penyakit ini. pernah saya membandingkan bagian tubuh saya antara kiri dan kanan memang sangat jauh perbedaan, yang mana apabila bagian kanan saya gores dengan pisau tidak ada rasa tapi apabila yang kiri sangat sakit rasanya dok. selain itu saya juga pernah mengalami tangan saya yang di kelilingi oleh semut merah yang begitu banyak dan mereka ada diposisi sela-sela jari. itu terjadi berulang-ulang kali dan saya harus merendam tangan kanan tersebut ke dalam air supaya semut tadi bisa lepas dari tangan saya. sakit kepala yang terus menerus setiap 5menit yang harus saya tahan karena saya merasa bagian belakan sebelah kanan kepala saya urat nya serasa di tarik-tarik. sampai sekarang saya tidak mau lagi mengobati penyakit ini, karena asumsi dokter saya bilang “kamu harus minum obat selama 4 tahun rutin”. mendengar hal itu saya ngeri apalagi saya fobia dengan obat. yang saya tanyakan disini sama dr. sukma apakah efek nya nanti apabila saya membiarkan penyakit ini bersarang di tubuh saya dan apa solusi terbaik dr untuk saya. atas jawaban yang dok. berikan kepada saya, saya ucapkan terima kasih. salam pasien terbaru dr. sukma

  8. 143
    wendy putri Says:

    Sudah 2 hari ini setelah saya minum obat dari dokter,saya selalu batuk dan keluar darah tetapi benjolan di leher sudah mengecil,,apa batuk darah itu pengaruh dari obat tersebut??

  9. 142
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sutrisno,

    Keluhan anda dalam bahasa medis kita sebut OBSTIPASI. Semua keluhan itu pada dasarnya disebabkan kesulitan BAB. Karena itu, sebaiknya anda makan makanan BERSERAT TINGGI seperti sayur, buah dan beras merah.

    Hindari makanan bertekstur halus dan miskin serat yang mengakibatkan lambatnya gerakan usus anda. Makanan yang dimaksud seperti makanan olahan, makanan dalam kaleng, beras putih dan semua tepung kecuali tepung whole wheat alias tepung gandum.

    Bila gerakan usus anda dibiarkan seperti keadaan sekarang-dengan akibat sulit BAB- ditakutkan dalam jangka sedang atau panjang akan terjadi KANKER USUS BESAR. Hal ini disebabkan semakin panjangnya waktu interaksi antara feces/kotoran dengan dinding usus.Baca artikel saya tentang Tolilet training….

  10. 141
    Sutrisno Says:

    Mohon penjelasan tentang penyakit saya :
    perut sering kembung dan serasa kenyang dan sering sulit buang air besar

  11. 140
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rofiq,

    Saya perkirakan tumor lunak yang multipel itu adalah Neurofibroma yang bersifat familial. Artinya khusus ditemukan pada keluarga tetanga anda tsb.

    Neurofibroma jinak, akan tetapi gampang relaps/kambuh setelah diangkat/operasi.

  12. 139
    Dr. Sukma Says:

    Hai Wendy putri,

    Limfadenitis Tuberculosa TANPA disertai TBC paru, tidak akan menular. Kuman TBC ditularkan lewat ‘droplet infection’, artinya lewat udara pernafasan dari penderita TBC paru.

    Dan TBC kelenjar(limfadenitis TBC), TIDAK selalu dibarengi dengan TBC paru.Akan tetapi TBC paru sering menimbulkan peradangan TBC dimana-mana, termasuk kelenjar getah bening (TBC kelenjar).

  13. 138
    Dr. Sukma Says:

    Hai Galuh (post 136),

    Penyakit kanker memang disebabkan oleh kelainan atau gangguan khromosome, yang bisa DIBAWA sejak lahir atau DIDAPAT selama kehidupan.

    Ayahanda yang menderita dan meninggal akibat limfoma TIDAK SECARA LANGSUNG akan menurunkan penyakit itu kepada anda. Sebab limfoma tergantung jenisnya ada yang disebabkan infeksi virus, misalnya EBV selain karena terjadinya mutasi atau kelainan genetik ditingkat khromosom.

    Saran saya hidup sehat disegala aspek dan menjaga kebersihan sudah cukup menjauhkan kita semua dari segala penyakit termasuk kanker ganas. So, don’t worry but be alert..

  14. 137
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dita,

    Domisili kakak anda dimana? Sebaiknya periksa ke RS yang besar seperti RSU, RSUD atau ke RSCM Cipto Mangunkusumo di Jakarta. Untuk mengetahui persis penyakit kakak anda.

    Jangan buang waktu, karena penyakit akan semakin jauh, jangan sampai terlambat mendapatkan terapi yang tepat.

    Kanker leher rahim biasanya akan tercium bau sangat tidak sedap dari arah vagina/serviks, ini pada stadium lanjut. Tetapi pada stadium awal, tidak ada keluhan sama sekali. Karena itu disarankan melakukan pemeriksaan Pap’s Smear yang akan mendeteksi secara dini bila terjadi kanker leher rahim, sebagai skrining terhadap kanker leher rahim.

  15. 136
    galuh Says:

    dokter,9 tahun yang lalu papa saya meninggal karena sakit kanker getah bening, apakah penyakit kankr itu keturunan?
    apakah gen yang dimiliki papa saya akan menurun?? terima kasih… soalnya saya takut kalau kjadian seprti itu menurun ke saya…

  16. 135
    wendy putri Says:

    salam kenal dok,
    dua tahun lalu ada benjolan dileher saya,saya kira cum salah tidur tapi 2bulan terakhir ini baru terasa sakit dan akhirnya saya periksa ke dokter bedah,setelah disarankan untuk biopsi,setelah itu keluar hasilnya dan ternyata saya terkena “Lympadenitis Tuberculosa”.
    Yang mau saya tanyakan adalah :
    - Apakah “Lympadenitis Tuberculosa” bisa menular keorang lain dan lewat media apakah penyakit ini bisa menular?

  17. 134
    mia Says:

    Ibu Dr yth,

    terimakasih atas artikle lymphomanya, tidak sengaja saya temukan dr google.
    jika tidak keberatan,bisakah ibu menjawab beberapa pertanyaan dari saya berkaitan dengan penyakit ini.
    adik saya( 16th ) mempunyai symphtome yg saya takuti ini, 2minggu lalu dia menjalani oprasi di RS Dharmais jakarta,Dokter bilang harus dibiopsi dahulu untuk menentukan hasilnya.( oprasi kelenjar di bawah dagu, selangkangan,ketiak)
    langkah secepatnya ini saya ambil krn melihat gejala2 penyakitnya salah satunya gatal2 diseluruh tubuh, yg membingungkan berat badan adik saya tidak turun malahan naik, setelah oprasi hanya sempat mual2.
    kami masih menunggu hasil oprasinya, yg dr Rumah sakit terus diundur dengan alasan harus tes ulang.
    saya sangat khawatir dg kondisi adik saya, krn bekas oprasi di ketiak dan selangkangannya membengkak dan dokternya tidak mau mengobati.
    saya mulai curiga dengan motif2 doketer/rumah sakit yg hanya cari uang tanpa benar2 mau menolong pasiennya.
    ditambah Dokter internisnya bilang adik saya harus menjalani imune tes 5X
    bisakah Dokter memberi saran ,apa yg harus kami lakukan?berkaitan dengan penyakit maupun tindakan Dokter/RS dharmais berkaitan hal ini.
    maaf jika commentnya agak panjang, saya amat menghargai dan berterimakasih jika Anda bisa membalas respond saya ini

    mia

  18. 133
    Rofiq Says:

    Dokter, saya punya tetangga yang ditubuhnya terdapat benjolan-benjolan lunak dan tidak terasa sakit. benjolan itu makin lama makin bertambah. putranya yang masih SD juga punya. waktu dibawa ke dokter, anaknya dibedah untuk mengangkat benjolan itu, tapi ternyata tumbuh kembali. ini termasuk penyakit apa ya Dok, apakah tumor ganas atau apa. terima kasih

  19. 132
    ita Says:

    bagaimana ventilasi paru pada penderita kanker

  20. 131
    dita Says:

    dokter sukma, saya ingin menanyakan ttg penyakit kk saya..kk saya udah ke beberapa dokter, tapi hasilny beda2 dok, ada yg bilang kanker rahim, ada yg blg hernia.. terakhir k dokter dia d vonis kanker kelenjar getah bening..turunbero…seperti itu lah dok…
    penyakit yg kk saya rasa tu sakit d daerah vagina…
    awalnya dia sempet di kiret krn keguguran..sebelumnya dy memang sudah merasa ada benjolan di bagian atas vagina.. bnyk diagnosa yg bwt kami bingung dok…
    menurut dokter itu penyakit apa?
    dan apa pantangan makanan buat penyakit kk saya itu dok?
    tolong infony ya dok… melalui email saya…dita_anggraini0208@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya…

  21. 130
    Dr. Sukma Says:

    Halo Moses,

    Saran saya, sebaiknya benjolan itu diangkat/operasi kecil. Anda tidak perlu takut, karena hanya memerlukan waktu 15 menit-setengah jam. Agar jelas, apa sebenarnya benjolan itu sebaiknya jaringan benjolan itu diperiksakan ke dokter spesialis PA. Nanti akan diantisipasi/ diterapi yang pas untuk diagnosis yang ditemukan. Sehingga you’ll be stop worrying…

  22. 129
    Dr. Sukma Says:

    Halo Naomi,

    Memang seperti itulah kondisi pasien kanker yang mendapat khemoterapi. Sebaiknya ditunggu, bila daya tahan adik ipar anda cukup baik, akan terjadi perbaikan dalam hitungan 1-2 bulan. Tidak ada yang bisa dilakukan oleh keluarga selain mendoakan kepada Yang Diatas, agar diberi kesembuhan.
    Amien..

  23. 128
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nuri,

    Sebaiknya tuntaskan dulu pengobatan TBC kulit anda. Karena bagaimanapun, kuman TB akan beredar keseluruh tubuh via aliran darah dan bila ‘nyangkut’ didalam rahim, akan menimbulkan peradangan TB di rahim.

    Kondisi dalam rahim mengakibatkan janin tidak bisa tumbuh sampai cukup umur kehamilan 9 bulan. Akibatnya akan terjadi abortus. Abortus akan berulang, bila masih ada kuman TB didalam tubuh anda.

  24. 127
    naomi Says:

    Dokter Sukma,
    Adik ipar saya (laki-laki usia 31 tahun) 3 minggu lalu di operasi cancer colon, dalam masa pemulihan keadaan tidak semakin membaik karena problem dengan kelenjar getah bening dan setelah biopsi sumsum tulang belakang dokter mendiagnosa dia terkena limfoma stadium 4 (sebelum nya dokter menduga Leukemia stadium 4) Yang ingin saya tanyakan apakah KGB ini dikarenakan infeksi operasi colon atau ada sebab lainnya (untuk informasi dibawah dagunya benjolan) yang menghawatirkan sekarang perutnya kembung (membesar)dan keras, napasnya tersengal-sengal, mual, tidak ada selera makan, BAB didominasi oleh darah segar, berat badan menurun dratis. Dokter telah melakukan tindakan chemo 1x, transfusi darah setiap 2 hari sekali karena HB nya drop
    Dokter, apakah penyakit adik ipar saya ini masih bisa di obati? kami tidak tega melihat dia begitu menderita.
    Saya harap respon dari dokter dan atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih

  25. 126
    Moses Says:

    Dok, saya sdh terdeteksi pnyakit kelenjar getah bening sktar 2thn lalu. Sdh di obati dgn antibiotik selama krg-lbh 9bln. Selama masa pengobatan tsb pembengkakan di leher mengecil tetapi tdk hilang. Kata dokter sdh sembuh krn tdk trjdi pembesaran. Yg ingin saya tnykan: bisakah benjolan di leher tsb hilang total? Thx

Pages: « 43 … 9 8 7 [6] 5 4 3 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe