PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 … 10 9 8 [7] 6 5 4 … 1 » Show All

  1. 175
    marissa Says:

    Dear dr Sukma

    Saya mau menanyakan perihal anak sya laki2 umur 26 bulan bb berikisar 12-13 kg. ada pembengkakan KGB di leher kiri, sya ragu 1 ato 2 diamter kira2 1 cm ato lebih. pernah periksa mantoux negatif, tetpai limfosit dan LED nya gak tinggi. pada waktu itu SPAn ya tidak berani menegakkan TB, krn konssi klinis yg bagus.
    tp sampi sekarang kelenjar tidak mengecil, itu sudah kejadian 2 bulan yg lalu
    apa yang selanjutnya lebih baik saya lakukan?
    thanks dok

    marissa

  2. 174
    Dr. Sukma Says:

    Halo Cristine,

    Juice dari campuran buah dan jahe merah yang anda tulis itu saya yakini SANGAT bermanfaaat bagi penderita limfoma. Karena setiap buah dan jahe merah itu sangat banyak kandungan anti-oxidant dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan sel-sel kanker.

  3. 173
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nunung,

    Peradangan hati memang sangat menurunkan selera makan. Jadi sebaiknya diberikan makanan yang mudah dicerna dan diserap yang mengandung tinggi kalori dan tinggi protein seperti misalnya susu, diberikan lewat sedotan.

    Buah yang dijuice juga bagus, seperti pisang ditambah susu kental manis. Atau buah lain sesuai selera.

  4. 172
    Cristine Says:

    dok,suami teman sy 48th, terdiagnosa kanker klnjr gth bening stdm 2,ap msh bs disembuhkan?jahe merah,wortel,tomat,apel malang yg dijuice jadi satu apa bs mengurangi/mengobatinya dok?trmkasih

  5. 171
    nunung Says:

    dok,hasil lab paman saya skrang SGPT SGOT nya tinggi 4x lpt dan nggak ada nafsu makan sama sekali.mohom sarannya dan trima kasih…

  6. 170
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nana,

    Jawaban saya : bisa ya, bisa tidak. Pada Limfoma Maligna (NHL)biasanya akan teraba benjolan dimana-mana dipermukaan tubuh, seperti leher, bawah rahang, ketiak,selangkangan dan lain-lain. Benjolan mudah diraba,dan agak sedikit nyeri atau tidak nyeri.

    Badan hangat/meriang lebih dari 3 minggu, tanpa radang yang jelas. Perasaan lemas, tidak bergairah.

  7. 169
    nana Says:

    hallo bu dokter,bbrp bln ini saya merasakan nyeri pd bgn leher saya dan
    Seperti ada yg menghalang saat menelan liur, dan saya jg merasakan nyeri pada pinggang dan tulang belakang dekat pinggul selain itu saya jg merasakan kulit saya gatal2,apakah yg saya rasakan tersebut merupakan gejala kanker getah bening??

  8. 168
    Dr. Sukma Says:

    Halo Jerry,

    Setahu saya, BUAH MERAH yang tumbuh di Papua mempunyai daya anti kanker,termasuk kanker kelenjar getah bening karena mengandung begitu banyak bahan alami potential, diantaranya anti-oxidant.

    Saya juga sering menganjurkan agar kita banyak makan tomat, broccoli dan kacang kedele yang ketiga-tiganya merupakan sumber anti kanker berupa lycopene pada tomat,anti-oxidant pada sayur broccoli dan isoflavon pada kedele. Jangan tunggu sakit, baru mengkonsumsi. Mulailah SAAT INI SEBELUM penyakit kanker menghinggapi tubuh kita.

  9. 167
    jerry Says:

    dok,adakah obat alami untuk mengobati gejala getah bening??
    apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengurangi ataupun mencegah munculnya benjolan di leher itu??
    makasi dokter . .

  10. 166
    Dr. Sukma Says:

    Halo Asmi cwis,

    Benjolan diketiak sejak 2 minggu dan dirasa sakit,itu adalah benjolan akibat PERADANGAN. Radang disini bisa non-spesifik, bisa juga radang khronik-spesifik(TBC).

    Sebaiknya dilakukan FNAB pada benjolan, sehingga didapat diagnosis pasti. Maka pengobatan akan terarah, BUKAN coba-coba.

  11. 165
    asmi cwis Says:

    dok…
    saya punya teman,,,
    disini saya ingin tanya sama dokter…
    knpa ya dok,tman saya mndrita pnyakit dibagian ketiak,gjala2′nya sprti ada benjolan tapi gak terlalu besar,dan dibawa gerak rasanya nyeri,kadang2 gra2 gjala itu,taman saya sering kali merasa tubuhnya meriang dan pnyaki itu udah dialaminya selama 2 mnggu…..?
    dilihat dari gejala2′na,pa kah itu gejala2 dari penyakit kanker getah bening….?

    TrIms…

  12. 164
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nunung,

    Lanjutkan terapi khemo 2 kali lagi sehingga tuntas.Nanti setelah itu kondisi badannya akan berangsur-angsur membaik mendekati normal. Sayang kalau terapi khemo yang tingggal dua kali lagi dibatalkan.

  13. 163
    nunung Says:

    Dok,paman saya berumur 77th dan menderita limfosit stadium 2. sdh di Kemoterapi 5 kali,,dan kata dokter kurang 2 kali.tetapi kondisinya sangat lemah sekali.
    bahkan jalan pun tidak kuat..bagaimana dok,saran dokter untuk selanjutnya…terima kasih..mohon jawabannya segera..

  14. 162
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yani,

    Sebaiknya anda kunjungi dokter yang dulu melakukan operasi. Paha kanan anda terasa nyeri, ini kemungkinan bisa disebabkan kambuh lagi kanker getah bening yang dulu atau sebab lain. Lebih baik kita antisipasi terhadap kemungkinan kambuh dulu.

  15. 161
    yani Says:

    Dok,Umur saya 34 tahun. saya pernah dioperasi diusus besar dan dinyatakan kanker getah bening stadium II menuju Ke III.Letak tumornya perut sebelah kanan. saya menjalani kemoterapi 6 kali. setelah 2 tahun saya kontrol kembali dan hasilnya baik. Namun dibagian paha sebelah kanan sering terasa nyeri. apa penyebabnya dok?. Dan apa yang saya lakukan supaya penyakit saya ini tidak kambuh lagi?. Thanks

  16. 160
    Ari Says:

    Dok, 2 th lalu saay merasa ad pembengkakan di blkang rahang seperti org slah bantal. saya merasa tidak nyaman skali aplg itu berlangsung slama 3 hari kmudian berobat dan hasil ny msih meragukan tmsk cek paru2 hsilny bersih tetapi saat di sarankan tuk periksa pap tb hasinya meragukan. gejala yang badan tiba2 demam dan tiba2 tidak pnya tnaga jg lemas skali padahal aktifitas spt biasa, mlam2 jg brkeringat, tlapak tgn panas pdhl cuaca dingin dan berat badan itu turun dg drastis. saat ni keadaan saya sudah membaik stlh 6 bln konsumsi obat dan badan saya tidak skurus dlu. dlu saya periksa ke ahli pnyakit dlm dan dianjurkan untuk biopsi tapi saya tidak mau. tpi saat ini telapak tgn saya suka panas sndiri dan lemas tiba2 tapi tidak ad bnjolan lagi. apakah saya msih mndrita skit it?

  17. 159
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ariesta Raaamdhani,

    Nenek anda yang telah berusia 60 tahun dengan dugaan penyakit kelenjar getah bening, sebaiknya dibuat hari-harinya menyenangkan. Supporting therapy,dengan membesarkan hatinya, dengan berserah kepada Yang Diatas dan melakukan sholat kalau perlu tahajud ditengah malam.

    Dengan cara positif itu, akan sangat membantu kerja organ tubuhnya menjadi optimal. Sedangkan mengenai umur, saya TIDAK bisa memprediksi. Semua itu hanyalah kehendak Allah SWT.

  18. 158
    Dr. Sukma Says:

    Halo Afli,

    Keluhan anda itu saya duga akibat kelainan yang disebut ‘Mammary Aberrant’. Jadi ada kelenjar susu dikedua ketiak anda. Terapinya operasi, tidak ada jalan lain.

  19. 157
    Ariesta Ramdhani Says:

    ibu….nenek saya terkena penyakit ganguan getah bening, umur beliau udah diatas 60 lebih dengan berat badan 90kg keatas. beliau uda gag ada nafsu makan, kalo makan langsung munta. berat badannya sekarang turun. kalo beliau makan paling 2-4 sendok makan. bu bisa gag beliau bertahan kondisi badanya sampe 2010?. karena beliau ingin sekali berngakat haji. bu apa saja yang kita lakukan untuk menjaga kondisi beliau? terimah kasih atas perhatian ibu…(berikan satu maka akan mendapatkan 1000)

  20. 156
    Afli Says:

    hallo dok, usia saya sekarang 34 tahun. usia anak saya sekarang 12 Tahun.pada waktu saya hamil ketiak saya membengkak kanan dan kiri.pada waktu menyusui kadang payudara saya membengkak dan ketiak saya pun rasa sakit dan membengkak.tapi setelah anak saya besar benjolan itu tidak hilang tapi mengecil dan lama-lama mulai membesar perlahan lahan walau tidak besar sekali.dan setahun belakangan ini agak nyeri.apa sebenarnya penyakit saya ini dok?? berbahayakah kalo dioperasi? saya takut kalo operasi malah penyakitnya menjadi ganas. trimakasi dok atas jawabannya.

  21. 155
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yelly-cirebon,

    Obat yang anda tulis semacam obat keras untuk penderita kanker, yang sering disebut Khemoterapi.Efek samping obat keras itu seperti : diare, dengan mukosa mulut, hidung dan mata berair dan lecet, serta rambut rontok, dst.

  22. 154
    Dr. Sukma Says:

    Halo Vinna,

    Sebaiknya USUL ke dokter internist anda, AGAR dirujuk ke dokter spesialis PA untuk dilakukan FNAB terhadap benjolan di leher anda. Atau anda bisa langsung ke dokter spesialis PA untuk dilakukan FNAB, agar diperoleh diagnosis pasti.

  23. 153
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ian,

    Obat tuberkulostatika yang anda minum dalam jangka 6-9 bulan akan berdampak memberatkan kerja liver/hati anda.
    Namun, BILA diimbangi dengan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan compliance/ketaatan minum obat yang baik maka semua yang anda khawatirkan TIDAK akan terjadi.

    Jadi TIDAK PERLU obat khusus untuk memulihkan fungsi hati.

  24. 152
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yudie,

    Sebaiknya mama anda dibawa kedokter internist. Disana akan diperiksa lengkap, termasuk pemeriksaan darah tepi dan FNAB terhadap benjolan dikakinya.Untuk FNAB akan dirujuk ke dokter spesialis PA untuk DIAGNOSIS PASTI apa sebenarnya benjolan itu.

    Benjolan pada pasien limfoma umumnya dirasakan sakit bila ditekan, akan tetapi ada yang merasakan tidak sakit..

  25. 151
    NOCHY Says:

    halo dok
    sy pny cerita yg sama dg “limz (23-11-2008) ttg pacarnya yg menderita KGB” (sayang sy tdk dpt melihat jwbn dok)
    hanya saja pacar saya seorang dokter umum, yang mw saya tanyakan mengapa ini bisa terjadi,apa penyebab nya?apa msi bisa disembuhkan, caranya? berapa % kemungkinan sembuh nya?
    dan dok jujur saya takut sekali saya harus bagaimana? dia jd sering marah2 dn cepat tersinggung,

Pages: « 43 … 10 9 8 [7] 6 5 4 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe