En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

Masyarakat Indonesia umumnya percaya pada cerita dan pemahaman dalam bentuk mitos yang diturunkan dari orang tua ke anak, dari omongan seseorang ke orang lain, misalnya terong tabu bagi lelaki, telor setengah matang lebih berkhasiat, dst. Tidak semua mitos tersebut benar, banyak dari kepercayaan itu yang secara ilmu kesehatan ilmiah dapat dibuktikan tidak benar.

Berikut ini beberapa mitos yang tidak benar:

1. Telor ayam yang dikonsumsi mentah atau setengah mateng akan berkhasiat lebih dibandingkan telor mateng. Secara ilmiah protein dari telor akan lebih mudah dicerna dan lanjut diserap usus halus, bila protein dalam keadaan koagulasi atau sudah padat alias di masak lebih dahulu.

Telor mentah atau setengah mentah berbahaya, karena dapat terkontaminasi bakteri seperti salmonella typhi penyebab sakit typhus dan paling menakutkan tercemar virus H5N1 penyebab flu burung (avian influenza). Jadi memasak telor sampai matang sebelum dikonsumsi menjadi suatu keharusan mutlak, kalau ingin tetap sehat.

2. Mengkonsumsi terong sebagai sayuran adalah tabu bagi para lelaki, karena akan memperlemah kejantanan mereka. Hal inipun tidak tepat, karena didalam sayuran terong baik yang berkulit kehijauan maupun berwarna ungu ditemukan banyak sekali khasiat positif bagi tubuh, al. tyrosine yang akan membersihkan kulit yang hiperpigmentasi (flek hitam). Selain itu sebagai sumber karbohidrat dan banyak trace elements yang dikandungnya dan sangat penting untuk kesehatan.

3. Bila suka menkonsumsi rempela ayam, konon akan membuat bibir berwarna kehitaman. Hal ini tidak ada logikanya sama sekali. Rempela adalah lambung, bagian dari organ pencernaan. Sama seperti usus, maka rempela mengandung agak banyak kholesterol dan rasanya gurih. Sedangkan warna kehitaman bibir lebih disebabkan kekurangan oksigen dalam jaringan. Jadi bibir akan hitam kalau kita bernafas dalam lingkungan kurang oksigen, dalam polusi udara.

Popularity: unranked

Posted Monday, March 24th, 2008 at 11:47 am
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

19 Responses to “Tahukah Anda? Banyak mitos kesehatan yang sebenarnya tidak berdasar”

  1. 19
    Yudi Iswahyudi Says:

    Assalamualaikum…Wr… Wb… Dr.Sukma,

    Terimakasih infonya Dok…

    Saya mau tanya nih, saya sering pulang kerja malam sekitar jam 21.00 Wib s/d 22.00 Wib setelah itu saya makan malam dan melakukan aktifitas rumah sedikit, jadi mandinya kemalaman sekitar jam 23.00 Wib baru tidur. Terus pertanyaannya : kata orang kalau mandi malam – malam bikin rematik, apa benar Dok? terimakasih sebelumnya.

    Wassalam…

  2. 18
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lukas,

    Mungkin sebaiknya anda lakukan berbagai exercises di fitness center, agar pada saat pulang nanti energi anda sudah hampir habis terkuras. Setelah mandi dll. sebelum tidur malam sebaiknya anda minum satu gelas susu hangat. Insya Allah, anda akan tidur pulas sampai pagi..

  3. 17
    lukas Says:

    Halo dr.sukma, maaf saya comment di bagian sini karena tidak tahu mau comment di bagian arsip mana..

    Saya pria 22 thn mempunyai keluhan gangguan tidur sudah hampir 3 bulan dok, sering terbangun 3 jam sekali jd serasa tidak tidur dan kadang tidak bs tdr sama sekali..
    Yg jd masalahny pdhl kalau lg nonton tv bs ketiduran tp pas naek ke ranjang jd seger lg dok, itu yg saya heran..
    sepertiny sdh terprogram di otak saya tidak bs tdr..

    Sekarang saya sedang mengganggur menunggu pekerjaan^^
    dan sedang memulai fitnes dok,, thx mohon sarannya..

  4. 16
    Dr. Sukma Says:

    Halo Umi,

    Sebaiknya dicoba masker avocado, yang akan membantu melembabkan kulit anda/mengurangi kekeringan.

    Bila kulit gampang alergi, sebaiknya hindari makanan, dll yang dari pengalaman anda biasa menimbulkan alergi pada kulit anda.(Tidak ada orang lain,andalah yang paling tahu tentang hal ini).

    Cara menghindari alergi seperti ini persis sama dengan cara penderita asma menghindari bahan2 yang memicu kambuhnya penyakit asma. Tidak ada jalan lain, hanya dengan menghindari bahan atau makanan & minuman yang sudah terbukti kita tidak cocok. Cara lain adalah desensitisasi yang ribet.

  5. 15
    Umi Says:

    Ass, slmt sore bu? apa kbr?..makasih bu atas infony,slma ini anggpn orng bhwa mengkonsumsi telur sparo msak itu bgus, bhkan saya jg prnah mngkonsumsunya. O y, saya mau nanya, jenis kulit sy adlh jenis kulit kering bhkan mudah sekali alergi terhdap makanan tertentu, jd bagaimana cara mengatasinya bu?
    kadang2 sy sempat ga PD ketika brsm teman2.

  6. 14
    Dr. Sukma Says:

    Halo Claudhia,

    Thanks berat sudah berkunjung ke blog saya. Silahkan kalau mau tanya2..

  7. 13
    Dr. Sukma Says:

    Hai Naya,

    Senang jumpa lagi di blog saya. Makasih kunjungannya.

    Ngobatin jerawat gampang2 susah. Gampang karena prinsip kita harus tenang secara kejiwaan.Tenang membuat hormon kita bekerja secara efektif dan proportional.
    Dibilang susah, karena kita sering tidak disiplin : membersihkan muka sebelum tidur dan mengurangi makanan berlemak/minyak. Perbanyak konsumsi air putih, buah dan sayur.

  8. 12
    naya Says:

    aww,dok
    ketemu lagi,
    dok,maaf ya q gngu truz,coz q pgen tau cara ngilangin jerawat itu gimana ya?
    makasih,
    wass

  9. 11
    Dr. Sukma Says:

    Aan yang baik,

    Tq. atas kunjungan dan pertanyaan anda kali ini. Lokasi adenoma dimana?

    Hemoptisis baru terjadi, bila terdapat hal-hal dan atau kondisi yang tidak normal di saluran nafas atas maupun bawah.

    Adenoma termasuk tumor jinak yang berpotensi menjadi ganas, bila tidak segera diantisipasi. Meski belum ganas, adenoma sudah mengganggu keadaan normal saluran nafas akibatnya antara lain menimbulkan bercak darah dalam batuk dahak.

    Membiarkan adenoma tumbuh terus, akan lebih memperkuat cengkeraman sel-sel kanker di saluran nafas.

    Mulailah adenoma menjadi adenokarsinoma insitu dan lanjut menjadi adenokarsinoma invasive.Kalau sudah begitu, hemoptisis atau batuk darah so pasti akan ada.

  10. 10
    aan Says:

    siang dok..
    makasih yah buat jawabannya…
    alhamdulillah sangat bantu aan..
    dok..
    dok boleh nanya lagi kan…?

    kenapa adenoma tu dapat nyebabkan hemoptisis ?

    makasih ya dok..

  11. 9
    Dr. Sukma Says:

    Halo Aan,

    Makasih atas kunjungan ke blog saya dan pertanyaanya.

    Untuk mengetahui diagnosis kelainan di kulit, kita harus melihat lesi yang ada. Tidak cukup dengan kata2 karena diagnosis akan tidak akurat

    Namun dari cerita anda, bahwa setiap habis obat, penyakit kambuh lagi ada kemungkinan anda sekeluarga mengalami kondisi alergi.

    Mengenai penyebab alergi baru dapat diketahui setelah dilakukan ‘patch test’dengan menempelkan berbagai bahan alergen ke kulit.

    Untuk kesehatan kulit secara umum, sebaiknya mandi dengan sabun antiseptik, dan bukan sabun wangi atau sabun pemutih.Demikian smoga jawaban saya bermanfaat.

  12. 8
    aan Says:

    met pagi dr.
    dok, saya mahsiswa dok nih… di FK
    da masalah sedikit. saya ma keluarga punya masalah ma kulit, gatal-gatal, dan bisa menular, sering keluar di sela-sela jari, siku, ma lutut, terus di bokong, bentuk nya kayak digigit semut.
    udah diobatin, sembuh sebentar terus dah habis obat, kambuh lagi.,
    apa kira-kira ya dok.. maksih sebelumnya..

  13. 7
    m-mei (pikes) Says:

    met sore, Dr?!!
    thanks atas coment dan saran nya.
    saya akan coba untuk memulai nya dari sekarang.
    doakan saya untuk bisa merasakan tidur seperti dulu lagi dan memimpikan Dr.
    he…he…….

  14. 6
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mei,
    Thanks sudah berkunjung ke blog saya dan pertanyaannya.

    Keadaan sulit tidur disebut insomnia. Banyak faktor penyebabnya, antara lain : stress dan beban pekerjaan yang terlalul banyak, kondisi tubuh dalam keadaan tidak sehat, dll.

    Keadaan mimpi buruk dapat menjadikan anda tiba2 terbangun dari tidur, disebut ‘night mare’, bukan karena sakit jantung.

    Sebaiknya coba minum segelas susu hangat menjelang tidur. Dan rasakan tidur nyenyak yang sangat lelap…

  15. 5
    me_mei (PIKES) Says:

    met pagi,Dr…!!!
    saya mau bertanya ni, seputar mitos kesehatan, beberapa hari ini saya nggak bisa tidur dan jika pun saya tidur frekuensi tidur saya sangat kecil. karena ketika saya tidur saya
    sering terkejut dan terbangun.
    menurut Dr apa saya terkena gangguan jantung??
    saya pernah nanya hal ini keteman-teman saya kata nya ada orang yang sering nyebut-nyebut nama saya dan pikirkan saya . “ahh,, masak si??”
    dan saya nggak percaya hal itu
    menurut saya itu hanya mitos.
    gimana pendapat dokter mengenai hal ini??

  16. 4
    Dr. Sukma Says:

    Nesia yang baik,

    Terimakasih pertanyaannya.
    Kalau pada proses persalinan normal itu si ibu mengejan terlalu kuat dan ada lokus femoralis yang lemah, hernia femoralis bisa terjadi.

    Tapi yang saya tahu sangat jarang kasus seperti itu.

    Tentang diet yang baik untuk kaum wanita, akan saya tulis khusus dalam artikel nanti.Tunggu, ya.

  17. 3
    nesia oktarina Says:

    thank ya dok, i will try,,,
    i hope it can be succes,,,,
    teruz…………info tentang dietnya mana dok?????itu jg penting dok untuk cewek??????Oooooo ya dok mengenai materi kuliah tentang hernia kemaren saya mau nanya : apakah seorang ibu yang melahirkan normal berpotensi untuk kena hernia femoralis????

  18. 2
    Dr. Sukma Says:

    Halo nesia,
    Trimakasih telah berkunjung dan memberi komentar tentang blog saya.

    Mengenai masker untuk kulit muka agar jangan kering, sebaiknya dicoba buah alpukat (avocado), blender trus diratakan ke kulit wajah. Setelah kering (15-20 menit), dibilas dengan air hangat, lalu air dingin..
    Muka akan terlihat lembab dan terawat..
    Slamat mencoba..

  19. 1
    nesia oktarina Says:

    Ass,bu? pa kabar? bu infonya keren dech…..foto ibu yang terbaru juga keren???? oh yaaaaaaa bu saya mau kasih saran nich…….kasih info tentang diet yang bagus dan sehat dong untuk tubuh kita dan bagaimana cara menghilangkan jerawat dimuka kita??????? truzzzzzzzzzzzz…….buah apa yang digunakan untuk masker wajah demi menjaga kelembaban kulit???????????Thank you bu………selamat beristirahat?????????? and succes selalu………….wassalammmm

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe